Prabowo Ngotot Menang Pilpres 2019, Jokowi Kalem Sebut Hasil Sudah Terlihat
Nasional

Jokowi rupanya menanggapi klaim kemenangan Prabowo dengan santai. Tak hanya itu, Jokowi juga menyebut bahwa hasil Pemilu sudah gamblang terlihat dengan adanya quick count.

WowKeren - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, diketahui berkali-kali mengklaim kemenangannya dalam gelaran Pemilu 2019. Yang pertama dilakukan sore hari usai pencoblosan pada 17 April 2019 lalu, hingga yang terbaru dalam acara syukuran klaim kemenangan di TMII pada Rabu (24/4).

Klaim kemenangan tersebut didasarkan pada hasil survei tim internal Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno. Bahkan dalam syukuran kemenangan di TMII, Ketua BPN, Djoko Santoso, mengaku paslon 02 menang telak dengan peroleh 80 persen andai saja tidak ada kecurangan dalam Pemilu 2019.


Capres petahana Joko Widodo pun akhirnya buka suara atas deklarasi kemenangan Prabowo. Hal ini diungkapkan langsung oleh Jokowi dalam wawancara bersama Najwa Shihab di acara "Mata Najwa".

Video wawancara tersebut diunggah ke kanal YouTube "Najwa Shihab" pada Rabu (24/4). Jokowi dan Najwa duduk bersama sambil mendiskusikan hal-hal yang terjadi usai Pemilu 2019. Najwa lantas bertanya soal hasil quick count lembaga survei yang banyak menunjukkan keunggulan Jokowi.

"Pasca hasil quick count atau hitung cepat yang menunjukkan keunggulan bapak, ada pihak yang mengatakan bahwa quick count atau lembaga survei itu tukang bohong. Sampai sejauh misalnya Pak Prabowo mengatakan pindah ke Antartika, dan sebagainya," ujar Najwa. "Ketika melihat ada yang mempertanyakan (hasil quick count), bagaimana sikap pak Jokowi?".

Mendengar pertanyaan tersebut, Jokowi hanya tertawa dan memberikan tanggapan dengan santai. Capres petahana tersebut meminta lembaga survei mengungkapkan seluruh data-data temuan mereka agar pihak yang tak percaya mendapatkan kejelasan.

"Ya dibuka saja, buka-bukaan saja. Punya angka berapa, dibuka ke publik. Angkanya dapat darimana, angkanya dihitung darimana, TPS-nya dimana. Cek semuanya," tutur Jokowi. "Gampang sekali kalau saya. Yang jelas quick count itu metodologi ilmiah, ilmu pengetahuan, Masa kita enggak senang pada ilmu yang sudah jelas akurasinya? Dan sudah berkali-kali kita pakai semuanya."

Setelah itu, pembicaraan berlanjut hingga pembahasan deklarasi kemenangan Prabowo. Najwa membahas Prabowo yang sudah melakukan klaim kemenangan berkali-kali.

"Capres Prabowo Subianto bersikukuh bahwa ia lah yang memenangkan Pilpres. Melakukan deklarasi kemenangan sampai berkali-kali, berdasarkan hasil penghitungan yang ia lakukan sendiri," jelas Najwa. "Apa tanggapan Bapak soal deklarasi-deklarasi ini?"

Jokowi rupanya juga menanggapi klaim kemenangan Prabowo dengan santai. Tak hanya itu, Jokowi juga menyebut bahwa hasil Pemilu sudah gamblang terlihat dengan adanya quick count.

"Ya enggak apa-apa, wong deklarasi saja kok. Yang jelas kita memiliki sebuah mekanisme aturan, kita memiliki UU Pemilu. Bahwa yang mengumumkan hasil penghitungan resmi yang dipakai untuk menentukan menang dan kalah itu adalah KPU," papar Jokowi. "Lembaga resminya jelas, KPU. Ya kita tunggu saja. Bahwa sudah ada hasil quick count, itu sebetulnya sudah gamblang. Indikasinya di situ sudah gamblang."

You can share this post!

Related Posts
Loading...