Raja Thailand Nikahi Pengawal Pribadi Beberapa Hari Jelang Penobatan
AP
Dunia

Raja Thailand Vajiralongkorn menikahi pengawal pribadinya beberapa hari menjelang penobatan dirinya. Ia pun kemudian memberi istrinya tersebut gelar Ratu Suthida.

WowKeren - Beberapa hari menjelang penobatan, Raja Thailand Vajiralongkorn mengejutkan publik dengan melangsungkan pernikahannya. Adapun wanita yang dipilihnya sebagai pendamping hidupnya itu merupakan wakil kepala pengaman pribadinya. Ia pun memberi gelar istrinya tersebut Ratu Sutida.

Vajiralongkorn merupakan pria berusia 66 tahun dan dikenal dengan gelar Raja Rama X. Ia menjadi raja menggantikan ayahnya yang wafat pada 2016 lalu.

Pernikahan ini bukan yang pertama kali bagi Vajiralongkorn. Sebelum mempersunting pengawal pribadinya itu, ia telah tiga kali bercerai. Dari ketiga pernikahan tersebut, ia dikaruniai tujuh orang anak.

"Raja Vajiralongkorn telah memutuskan untuk mengangkat Jenderal Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya, istrinya menjadi Ratu Suthida," begitu bunyi pernyataan resmi kerajaan seperti dilansir dari BBC pada Kamis (2/5). "Dan dia akan memegang gelar kerajaan dan status sebagai bagian dari keluarga kerajaan".


Pernikahan ini tidak bisa dibilang mendadak mengingat keduanya telah menjalin hubungan sejak lama. Raja Vajiralongkorn dan Ratu Sithida kerap terlihat bersama-sama di depan publik selama bertahun-tahun. Meski demikian, hubungan mereka belum pernah secara resmi diakui oleh kerajaan.

Suthida sendiri pernah bekerja sebagai pramugari untuk Thai Airways sebelum akhirnya bekerja sebagai pengawal pribadi kerajaan. Dalam pernyataan resmi Kerajaan Thailand, disebutkan bahwa Raja telah menikahi Suthida beberapa hari sebelum acara penobatan digelar. Adapun wanita berusia 41 tahun ini memiliki nama lengkap Suthida Tidjai.

Suthida mulai bergaung dengan militer Thailand sejak tahun 2010 lalu. Kala itu pangkat yang dimilikinya adalah Letnan Dua. Empat tahun setelahnya, 2014, ia ditunjuk menjadi Wakil Komandan Unit Pengawal Putra Mahkota Kerajaan Thailand. Pada saat ini, Vajiralongkorn masih menjadi putra mahkota.

Meski sudah menerima takhta sejak 1 Desember 2016 lalu, namun Vajiralongkorn belum secara resmi dinobatkan sebagai raja. Ia meminta agar diberikan waktu untuk berkabung sehingga penobatan ini akan lakukan pada Sabtu (4/5) nanti. Adapun ia menunjuk Suthida sebagai Komandan Unit Operasi Khusus Pengawal Kerajaan tepat pada hari ia menerima takhta.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait