Jeno NCT Dream Dituding Xenophobia Karena Lakukan Ini ke Member dari Tiongkok
Selebriti

Apa yang dilakukan Jeno ini rupanya menjadi sorotan para netter di situs komunitas online yang membuat idol kelahiran 2000 tersebut dikritik dan disebut xenophobia.

WowKeren - Baru-baru ini para personel NCT Dream menggelar siaran live di mana mereka berlima berpakaian layaknya barista. Di sini, salah satu subunit NCT itu bermain game di mana Chenle membaca instruksinya.

Sebagai member dari Tiongkok, Chenle terlihat masih sedikit kesulitan membaca tulisan dalam bahasa Korea. Melihat Chenle yang membaca dengan terbata-bata, Jeno tampak memukul-mukul dadanya.


Jeno NCT Dream Dituding Xenophobia Karena Lakukan Ini ke Member dari Tiongkok

Pann

Apa yang dilakukan Jeno ini rupanya menjadi sorotan para netter di situs komunitas online Pann. Dalam sebuah postingan, netter menulis, "Jeno, ini nggak benar. Bahkan kalaupun kau bercanda, siapa yang memukul dadanya seperti itu dan frustasi saat orang lain bicara...NCT harus berhati-hati tentang xenophobia."

Jeno dinilai menunjukkan sikap frustasi dan tak sabar saat Chenle membaca tulisan dalam bahasa Korea. Gara-gara ini, Idol kelahiran 2000 itu pun dikritik netter dan disebut xenophobia.

"Aku fans tapi menurutku Jeno salah kali ini," komentar netter. "Jangan membela Jeno dalam hal ini. Aku fans dan menurutku dia salah karena melakukan itu," kata netter lainnya.

"SM perlu mendidik jika mereka ingin membuat idol global. Fans NCT bahkan secara langsung menyebutkan xenophobia pada mereka... Member dari Tiongkok mengerti ketika member Korea bicara nggak lancar di Tiongkok. Mereka berada di grup yang sama. Mereka perlu saling membantu," ujar yang lain.

PUFF Broadcast NCT Dream

Di sisi lain, sebagian fans di Twitter tak menganggap hal ini sebagai masalah besar karena Jeno dinilai hanya bercanda dan selama ini ialah salah satu member yang membantu Chenle belajar bahasa Korea. Bagaimana menurut kalian?

You can share this post!

Related Posts