Momen Megawati Salaman Dengan SBY Jadi Sorotan, PDIP Bongkar Hubungan Keduanya Selama Ini
Nasional

Momen saat Megawati bersalaman dengan SBY di pemakaman Ibu Ani menjadi sorotan. Pasalnya, hubungan keduanya diduga sempat panas akibat perubahan poros politik yang mereka lalui.

WowKeren - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, diketahui menghadiri prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di TMP Kalibata pada Minggu (2/6). Megawati datang bersama putrinya, Puan Maharani.

Momen saat Megawati bersalaman dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun menjadi sorotan. Pasalnya, hubungan kedua Ketum Parpol ini diduga sempat panas akibat perubahan poros politik yang mereka lalui.

Lewat momen tersebut, PDIP pun membantah isu konflik di antara keduanya. PDIP menegaskan bahwa tidak pernah ada dendam politik antara Megawati dan SBY.

"Pertemuan tersebut menunjukkan bahwa narasi yang sering berkembang di luar, bahwa ada dendam politik karena rivalitas kontestasi di masa lalu, tidaklah benar," ungkap Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno, pada Minggu (2/6). "Sebagaimana sering kami sampaikan."

Menurut Hendrawan, demokrasi bukan tentang kompetisi saja. Tapi demokrasi juga mengajarkan soal kerja sama.


"Silaturahmi dan komunikasi antar tokoh politik, dalam forum apa pun, sangat penting dalam mematangkan budaya demokrasi kita," tutur Hendrawan. "Demokrasi mengajarkan kapan kita harus berlaga, kapan harus bermitra. Kapan harus berkompetisi, kapan berkolaborasi."

Selain itu, Hendrawan juga ikut menyampaikan rasa bela sungkawa atas kematian Ibu Ani. Meski demikian, ia menilai bahwa ini bisa menjadi momentum demi menjalin persaudaraan.

"Kepergian Bu Ani sama-sama meninggalkan duka bagi kita semua, namun juga meninggalkan inspirasi tentang makna kesetiaan dan persahabatan," jelas Hendrawan. "Ini momentum bagi kita untuk mencairkan sekat-sekat yang mengganggu persaudaraan sesama anak bangsa."

Di sisi lain, Megawati sendiri diketahui tak mau berkomentar dalam prosesi pemakaman Ibu Ani. Megawati hanya sesekali tersenyum dan menyambut uluran tangan masyarakat yang ingin bersalaman dengannya.

Puan Maharani lantas menyampaikan permintaan maaf kepada awak media karena ibundanya tidak mau berkomentar. "Lain kali aja ya dik," tutur Puan dilansir Antara, Minggu (2/6).

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru