Soal Keputusan 'Gila' Jokowi Jika Jadi Presiden Lagi, BPN Prabowo: Berarti Selama Ini Punya Beban
Nasional

Sodik mengatakan bahwa selama ini Jokowi telah menjadi gubernur hingga presiden boneka. Dia menyebut seharusnya Jokowi lebih bertanggung jawab bila terpilih kembali.

WowKeren - Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya tidak segan untuk mengambil keputusan "gila" jika itu terkait kepentingan negara. Menanggapi hal tersebut, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyebut pernyataan Jokowi merupakan pembenaran selama ini orang nomor satu Indonesia tersebut memiliki beban politik dalam membuat kebijakan.

"Prihatin dan aneh dengan pernyataannya yang mengatakan 5 tahun ke depan Jokowi tidak punya beban apa-apa sehingga putusan apapun akan saya lakukan," ujar juru debat BPN Sodik Mujahid, Minggu (16/6), seperti yang dikutip dari Detik. "Pernyataan tersebut juga membenarkan pendapat umum bahwa Jokowi selama ini punya beban dan utang kepada pihak-pihak yang mengkatrol dan mensponsorinya."

Sodik mengatakan bahwa selama ini Jokowi telah menjadi gubernur hingga presiden boneka. Dia menyebut seharusnya Jokowi lebih bertanggung jawab bila terpilih kembali.

Sementara itu, Wakil Ketua BPN Mardani Ali Sera meminta Jokowi tidak buru-buru menyebut dirinya sudah terpilih. Dia mengatakan masih ada proses di Mahkamah Konstitusi (MK) yang harus ditunggu hasilnya.


"Pak Jokowi mesti ingat, belum ada kepastian dilantik untuk periode kedua. Masih ada keputusan MK," ucap Mardani.

Mardani juga menyebut Indonesia tidak cocok dengan ide "gila" yang ditawarkan Jokowi. Ia meminta Jokowi lebih memikirkan aspek stabilitas dalam memimpin Indonesia.

"Indonesia ini negara besar dengan kompleksitas luar biasa," katanya. "Ide miring atau ide gila kurang cocok dengan kondisi Indonesia yang perlu stabilitas dan kehati-hatian."

Sebelumnya, Jokowi menegaskan dirinya tidak memiliki beban jika menjabat sebagai presiden sekali lagi. Ia mengaku akan lebih leluasa mengambil kebijakan bagi kepentingan negara ke depan.

"Saya dalam lima tahun ke depan Insyaallah sudah tidak memiliki beban apa-apa," ucap Jokowi. "Jadi keputusan-keputusan yang gila, keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini, akan kita kerjakan."

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait