Menko Luhut Beri Solusi Atasi Masalah Polusi Udara di Ibu Kota
Instagram/kemenkomaritim
Nasional

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai bahwa salah satu cara untuk menekan polusi udara di ibu kota adalah dengan pemanfaatan kendaraan berenergi listrik.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ikut menanggapi ramainya persoalan polusi udara di Ibu Kota. Luhut menyebut bahwa mobil listrik bisa menjadi solusi untuk menekan dampak pencemaran polusi.

"Sekarang ini kan cuaca di Jakarta jelek ya polusi," kata Luhut dilansir dari Antara, Kamis (11/7). "Jadi pemerintah mau angkutan umum seperti bus, taksi, dan sepeda motor pakai listrik."

Selain mengurangi polusi udara, pemakaian kendaraan berenergi listrik bisa menekan impor BBM. Untuk itu, ia berharap agar angkutan umum listrik bisa segera diimplementasikan seiring dengan komitmen pemerintah untuk mendorong pengembangan kendaraan listrik.

Pemerintah dalam hal ini akan bertindak sebagai regulator yang akan membuat kebijakan-kebijakan salah satunya dengan memberikan insentif untuk kendaraan listrik. Luhut mengingatkan bahwa dampak polusi tidak seharusnya dipandang sebelah mata.


"Segera itu (diimplementasikan)," tutur Luhut. "Kalau tidak, kamu yang muda-muda akan kena polusi. Hati-hati lho dengan polusi, kalau saya kan sudah tua kalian masih muda."

Kembali ke impor BBM, penggunaan kendaraan listrik juga nantinya akan berdampak pada neraca perdagangan migas. Semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan BBM ke listrik, maka konsumsi BBM akan berkurang sehingga impor pun bisa ditekan.

Banyaknya pengguna kendaraan BBM saat ini, dikatakan Luhut membuat neraca perdagangan membengkak. Hal ini disebabkan karena Indonesia tidak mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar Tanah Air sehingga harus impor.

"Kita akan butuh sekitar 1,7 juta barel minyak per hari," terang Luhut. "Sekarang ini (produksi) migas kita cenderung turun, 800 ribu barel per hari atau di bawah itu. Sisanya harus impor."

Dengan kata lain, kehadiran kendaraan listrik diharapkan tak hanya mampu meringankan dampak negatif terhadap lingkungan namun juga memperbaiki neraca transaksi. Saat ini, pemanfaatan minyak sawit menjadi campuran BBM melalui B30 juga tengah dilakukan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait