Intip 7 Bulk Store Zero Waste Di Indonesia Yang Menyediakan Produk Ramah Lingkungan Dan Bebas Sampah
Lifestyle

Bulk store mirip dengan minimarket atau supermarket pada umumnya yang menjual kebutuhan sehari-hari namun bedanya ialah di bulk store, barang-barang tersebut dijual tanpa kemasan.

WowKeren - Saat ini sudah banyak orang yang menerapkan gaya hidup zero waste. Hal ini dikarenakan banyak sekali orang-orang yang bergantung pada barang yang sekali pakai yang menumpuk sampah. Tanpa kita sadari, tempat pembuangan sampah mulai meluap, lautan tercemar, dan landfill ditinggalkan dengan miliaran ton sampah yang tidak dapat terurai selama ratusan tahun dan tidak dapat didaur ulang. Simak juga cara mengurangi penggunaan plastik di sini.

Zero waste adalah gaya hidup yang mendorong penganutnya untuk menggunakan produk-produk bisa digunakan kembali. Zero waste cenderung menjauhi single use plastic atau plastik yang hanya digunakan sekali, tujuannya adalah agar sampah tidak dikirim ke landfill. Zero waste lebih fokus pada mengurangi daripada mendaur ulang, namun mereka juga sebisa mungkin melakukan berbagai daur ulang untuk sampah yang mereka hasilkan meskipun itu sedikit.


Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai bisa dilakukan dengan membawa tas yang dapat digunakan ulang. Hal ini setidaknya mengurangi penggunaan kantung plastik. Namun, tetap saja banyak kemasan pembungkus yang tak dapat dihindari. Selain makanan, banyak pula benda keseharian yang tak dapat kita hindari untuk tidak "menyampah" dari kemasannya. Botol sampo, sabun, deodoran, sikat gigi, pasta gigi, dan banyak lainnya.

Nah sekarang sudah banyak bulk store yang menganut sistem zero waste loh. Bulk store mirip dengan minimarket atau supermarket pada umumnya yang menjual kebutuhan sehari-hari namun bedanya ialah di bulk store, barang-barang tersebut dijual tanpa kemasan. Jadi jika kita ingin membeli sesuatu dari toko berkonsep serupa kita harus membawa wadah sendiri dari rumah atau membeli wadah yang disediakan di toko tersebut yang tentunya bisa digunakan kembali.

Tertarik dengan gaya hidup zero waste, namun bingung lokasi bulk store? Tenang saja, berikut terdapat 7 bulk store zero waste yang berhasil tim WowKeren rangkum. Yuk di simak!

(wk/putr)

1. Yuk Mampir Ke Naked Inc Yang Ada Di Jakarta Selatan


Yuk Mampir Ke Naked Inc Yang Ada Di Jakarta Selatan
Instagram/nakedincjkt

Toko zero waste ini bernama Naked Inc yang berada di Como Park, Jl. Kemang Timur, Jakarta Selatan. Sesuai konsepnya, toko ini termasuk jenis bulk store yang tak menyediakan kemasan untuk setiap produknya. Di sini para pembeli dapat membeli produk dengan sistem timbangan. Kalian bebas membawa sendiri wadah apa saja yang penting cukup dan bisa dipakai kembali.

Toko ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari perlengkapan mandi, perlengkapan dapur, hingga peralatan zero waste seperti alat makan dan menstrual cup. Kalian juga bisa menemukan sereal dan cemilan. Yuk initip juga tempat makan bertema alam di Jakarta di sini.

2. Lulu Hypermarket, Supermarket Bekasi Yang Punya Konsep Beda


Lulu Hypermarket, Supermarket Bekasi Yang Punya Konsep Beda
Instagram/lulustoreindonesia

Kalian warga Bekasi pasti sudah enggak asing dengan Lulu Hypermarket. Supermarket yang berada di Plaza Taman Modern, Bekasi ini bisa disebut istimewa dan berbeda dari supermarket lainnya. Pasalnya supermarket ini memiliki bagian di mana mereka menggunakan wadah yang bisa digunakan untuk snack yang dijual.

Tempat untuk menyediakan snack ini bukan kertas atau plastik seperti snack-snack yang ada di toko-toko swalayan pada umumnya. Tapi lebih menyerupai wadah, yang di mana wadah ini dapat di reuse kembali untuk dijadikan tempat bawa nasi atau bekel. Meskipun tak semua snack diberi wadah seperti itu, paling tidak supermarket ini sudah ikut andil dalam menjaga lingkungan kan?

3. Pulau Dewata Juga Punya Bulk Store Bernama Zero Waste Bali


Pulau Dewata Juga Punya Bulk Store Bernama Zero Waste Bali
Instagram/zerowastebali

Bulk store kali ini berada di Pulau Dewata tepatnya Kerobokan, Badung. Bulk Store bernama Zero Waste Bali ini sudah hits banget karena konsepnya benar-benar 0 sampah dan menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dengan lengkap.

Seperti bulk store kebanyakan kalian diwajibkan membawa wadah sendiri, karena toko ini enggak menyediakan kemasan. Terdapat berbagai jenis kebutuhan di sini mulai dari mie, deodoran, sabun, tepung, hingga cemilan tersedia di sini. Sistem pembeliannya juga sama yakni menggunakan timbangan dan dihitung perkilo. Seru banget kan?

4. Mamaramah Ecobulk, Bulk Store Ramah Lingkungan Di Surabaya


Mamaramah Ecobulk, Bulk Store Ramah Lingkungan Di Surabaya
Instagram/mamaramah.ecobulk

Mamaramah Eco Bulk Store ini berlokasi di Ketintang Selatan IX Blok AD No. 8 Surabaya. Toko didirikan karena pengalaman unik sang pemilik loh. Ogi Dhaneswari selaku pemilik toko awalnya ingin berbagi bumbu masak kepada orang lain karena ia sayang jika bumbu masaknya kedaluarsa. Ia akhirnya terpikir untuk membuat eco bulk store yang di mana banyak orang bisa mengenal dan mencoba bumbu masak sesuai kebutuhan mereka.

Di sini kalian bisa menemui berbagai jenis bumbu serta keperluan dapur lainnya. Selain itu, Mamaramah Eco Bulk juga menjual personal care dan berbagai benda lain yang tentunya mendukung zero waste lifestyle. Seperti stainless steel straw, loofah, bamboo straw, menstrual pad, wooden spork, shampoo bar, soap bar, dan tote bag. Intip juga fakta menstrual cup di sini.

5. Warung 1000 Kebun Si Restoran Sekaligus Bulk Strore Yang Sehat, Alami Dan Lokal


Warung 1000 Kebun Si Restoran Sekaligus Bulk Strore Yang Sehat, Alami Dan Lokal
Instagram/warung1000kebun

Kalau kalian membuka halaman Instagram resminya, kalian bakal menjumpai bio "Warung Berbagai Produk Sehat, Alami dan Lokal ". Bio ini tentunya bukan omong kosong, karena tempat ini benar-benar menyediakan berbagai produk yang selain zero waste tapi juga organik.

Tempat ini berada di Jl. Boling Arcamanik, Bandung dan merupakan restoran sekaligus bulk store yang cukup aktif di dunia zero waste. Tempat ini juga menjadi ajang belajar Komunitas 1000 Kebun. Warung 1000 Kebun kerap menyelenggarakan pelatihan, workshop, atau hanya sekedar berbagi wawasan.

6. Wajib Banget Datang Ke Alang-alang Zerowaste, Bulk Store Pertama Di Surabaya


Wajib Banget Datang Ke Alang-alang Zerowaste, Bulk Store Pertama Di Surabaya
Instagram/alangalang_zerowaste

Alang-alang Zero Waste Store merupakan toko zero waste pertama di Surabaya. Dalam toko yang didirikan oleh Eva Bachtiar dan Lydia Imelda Sitorus ini kalian bisa membeli berbagai macam produk organik dan zero waste. Mulai dari bumbu dapur, beauty care hingga sayur dan buah organik juga ada di sini.

Enggak usah khawatir, semua produk yang ada di sini dijamin seratus persen organik dan didapatkan dari petani lokal kok. Toko yang berada di Ruko Este Square A2, Jalan Dr Ir Soekarno ini mengusahakan untuk mendapatkan produk berkualitas langsung dari para pertama lokal agar terjamin kualitasnya. Tertarik mampir?

7. Aromatics Jogja Si Toko Roti Sekaligus Toko Zero Waste Di Yogyakarta


Aromatics Jogja Si Toko Roti Sekaligus Toko Zero Waste Di Yogyakarta
Instagram/aromatics_jogja

Aromatics Jogja ini sebenarnya merupakan toko roti dengan gaya perancis. Aromatics didirikan oleh Chef Kamil, sosok berkebangsaan Perancis di balik kesuksesan restoran Mediterranea. Aromatics lahir dari keinginannya untuk membangun toko roti pertama di Jogjakarta yang dibuat dengan resep tradisional Perancis. Namun enggak perlu khawatir karena mereka juga menyediakan bulk store zero waste yang pastinya organik.

Aromatics ini menawarkan berbagai macam produk organik dari petani lokal. Toko ini mendukung banget industri dan komunitas lokal agar semakin berkembang. Di sini kalian bisa membeli berbagai macam bahan dapur dan tepung-tepungan organik yang tentunya tanpa kemasan. Jadi kalian harus membawa wadah sendiri ya. Intip juga rekomendasi wisata kekinian di Jogja berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru