Ruhut Sitompul Tanggapi Amien Rais Soal Jatah 55-45: Selama Ini Hina Jokowi, Nggak Malu Minta Kursi?
Nasional

Sebelumnya, Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais meminta agar ada pembagian kekuasaan dengan komposisi 55-45 sebagai wujud nyata rekonsiliasi.

WowKeren - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ruhut Sitompul ikut menanggapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Sebelumnya, Amien berbicara mengenai pembagian kekuasaan sebesar 55-45 sebagai wujud rekonsiliasi.

Ruhut menyebut bahwa permintaan Amien hanya menunjukkan bahwa politikus PAN tersebut tak tahu diri. Menurutnya, rekonsiliasi sebaiknya tidak digelar sedari awal jika pada akhirnya akan menimbulkan kegaduhan politik semacam itu.


"Amien Rais itu tegas tidak tahu diri ya. Sudahlah, dia mau bikin apa di Republik ini," kata Ruhut di Mabes Polri, Jakarta, Senin (22/7). "Tegas saya sebagai lawyer loyalis pendukung setia Pak Jokowi, lebih baik enggak usah rekonsiliasi kalau hanya mau bikin gaduh. Dari mana ceritanya 55 ke 45?"

Ruhut menegaskan bahwa kemenangan Joko Widodo dalam Pilpres 2019 tidak dicapai melalui rekonsiliasi, namun dengan perjuangan. Menurutnya, tidak ada salahnya jika pendukung Prabowo Subianto tetap menjadi oposisi. "Lebih baik enggak usah. Kan Pak Jokowi bilang, oposisi juga pekerjaan yang mulia kok. Kenapa? Kan begitu," tegas Ruhut.

Lebih jauh, Ruhut menyinggung sikap pendukung Prabowo selama Pilpres 2019. Saat Pilpres berlangsung, para pendukung Prabowo kerap melontarkan kritikan dan hinaan kepada Jokowi. Oleh sebab itu, akan sangat tidak masuk akal jika ketika Jokowi menang Pilpres pendukung Prabowo lantas ikut meminta jatah kursi di pemerintahan.

"Selama ini pendukung Prabowo merasanin menghina merendahkan Pak Jokowi," tegas Ruhut. "Sudah kami menang, enggak malu minta jabatan minta kursi?"

Sebelumnya, Amien berbicara mengenai rekonsiliasi, yang menurutnya, rekonsiliasi ini harus diwujudkan dengan pembagian kekuasaan sebesar 55 banding 45. Tentu saja, pernyataannya ini menuai berbagai reaksi dari para politikus Tanah Air.

You can share this post!

Related Posts
Loading...