Berlibur Bareng Anak? Simak 8 Tips Ini Biar Liburanmu Berlangsung Seru dan Menyenangkan
Travel

Liburan bersama anak memang susah-susah gampang. Karena itu, sebaiknya kamu simak delapan tips berikut ini agar bisa menikmati liburan yang menyenangkan dan bermakna bareng anak-anak.

WowKeren - Sudah sewajarnya setiap orang membutuhkan waktu untuk berlibur. Karena setiap orang akan selalu butuh untuk menyegarkan pikirannya setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan.

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, berlibur bersama anak mungkin jadi tantangan tersendiri. Karena saat liburan bareng anak bisa dibilang susah-susah gampang.


Tidak sedikit orang yang menganggap liburan bareng anak itu cukup merepotkan. Karena itu, beberapa orang memilih untuk menunda liburannya hingga anak-anaknya cukup besar dan bisa mandiri.

Namun menunda liburan bersama anak tentu bukan pilihan yang tepat. Karena liburan bersama anak pada dasarnya sangat menyenangkan, apalagi jika mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Kamu tidak ingin kehilangan momen berharga bersama mereka kan? Tapi jika kamu khawatir perjalananmu akan merepotkan, sebaiknya kamu simak beberapa tips berikut ini saat akan berlibur dengan anak.

(wk/eval)

1. Bawa Barang Seperlunya Saja Saat Liburan Bareng Anak


Bawa Barang Seperlunya Saja Saat Liburan Bareng Anak

Saat menghabiskan waktu libur dengan anak, usahakan untuk membuatnya sesederhana mungkin. Salah satu caranya adalah dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan saja, jangan berlebihan.

Kamu juga bisa mengatur baju anak dalam kantong plastik berdasarkan hari berlibur. Jadi kamu tidak akan kerepotan membongkar isi koper untuk sekedar mencari celana atau baju anak. Kalau bisa, setiap kantongnya isi berbagai keperluan anak seharian, mulai dari penutup kepala sampai kaus kaki.

Tapi jangan sampai lupa untuk membawa obat-obatan pribadi ya. Agar kamu tidak kebingungan saat kondisi anak tiba-tiba menurun saat sedang berlibur.

2. Mainan Anak Juga Perlu Dibawa Saat Berlibur, Tapi Secukupnya Saja


Mainan Anak Juga Perlu Dibawa Saat Berlibur, Tapi Secukupnya Saja

Anak-anak dan mainan seolah sebuah kesatuan yang sulit dipisahkan. Karena itu, saat berlibur dengan mereka, kamu juga harus tetap membawa mainan agar si kecil tidak rewel dan jenuh selama di perjalanan.

Tapi ingat, jangan membawa terlalu banyak mainan ya agar barang-barang itu tidak memenuhi bawaanmu. Usahakan untuk membawa 3-4 mainan saja, termasuk buku cerita di dalamnya. Mainan yang bisa dibawa misalnya buku cerita, peralatan menggambar, mobil-mobilan atau boneka.

Dan kalau bisa, ajak si kecil untuk menyiapkan mainan sebelum berangkat berlibur. Cukup mainan yang paling disukai saja, agar dia merasa senang dengan mainannya dan liburan jadi lebih seru.

3. Berikan Pengarahan Secara Singkat Pada Anak Sebelum Berangkat Liburan


Berikan Pengarahan Secara Singkat Pada Anak Sebelum Berangkat Liburan

Hal yang perlu kamu lakukan sebelum liburan bareng anak adalah memberikan pengarahan singkat pada mereka. Hal ini diperlukan agar si kecil lebih siap dan bersemangat untuk berangkat liburan.

Kamu bisa bercerita santai tentang tujuan liburan pada mereka dan hal-hal seru apa saja yang bisa dilakukan. Selain itu, katakan juga pada anak-anak kalau perjalanan panjang liburan tidak akan membosankan karena akan melewati pemandangan yang indah.

Intinya, ceritakan saja berbagai hal yang menarik agar mereka bersemangat saat hendak berlibur. Tapi ingat, jangan kaku selama berbicara dengan mereka dan jangan memberikan harapan palsu pada anak-anak, misal menjanjikan akan pergi ke tempat yang tidak akan kalian kunjungi.

4. Bawa Bekal Makanan dan Minuman Favorit Anak-Anak Selama Berlibur


Bawa Bekal Makanan dan Minuman Favorit Anak-Anak Selama Berlibur

Anak-anak biasanya sangat suka ngemil, karena itu sebaiknya kamu membawa bekal selama liburan. Karena selain lebih hemat, makanan yang akan kamu konsumsi bersama anak-anak juga lebih higienis karena kamu persiapkan sendiri.

Bekal yang dibawa tidak perlu yang ribet atau memberatkan, cukup makanan dan minuman yang disukai anak-anak saja. Misalnya roti isi, buah-buahan, air putih dan jus yang menyehatkan. Apalagi jika liburanmu bertema piknik, membawa bekal dan memakannya dengan anak-anak pasti akan sangat menyenangkan.

Intinya, pastikan agar perut anak-anak tetap kenyang selama liburan ya. Agar staminanya tetap terjaga dan kalian bisa menghabiskan waktu dengan baik.

5. Istirahat di Tengah Perjalanan Liburan Bisa Membuat Si Kecil yang Kelelahan Semangat Lagi


Istirahat di Tengah Perjalanan Liburan Bisa Membuat Si Kecil yang Kelelahan Semangat Lagi

Jika kalian berlibur ke tempat yang jauh, anak-anak akan merasa lelah dan bosan karena terus duduk. Karena itu, yang perlu kamu lakukan adalah memberikan waktu istirahat untuk mereka dengan berhenti sejenak.

Istirahat memang akan membuat perjalananmu lebih lama, namun hal ini tetap perlu dilakukan agar anak tetap fit selama liburan. Saat beristirahat, kamu bisa mengajak anak-anak melakukan permainan kecil namun menyenangkan. Kamu juga bisa bercanda dan bercerita berbagai hal yang menarik dengan mereka.

Setelah beristirahat, si kecil biasanya akan jauh lebih semangat. Melihat mereka tetap gembira bukankah lebih menyenangkan daripada rewel dan kelelahan di tempat tujuan?

6. Selalu Sedia Uang Tunai dan Jangan Lupa Bawa Gadget Saat Liburan Bareng Anak


Selalu Sedia Uang Tunai dan Jangan Lupa Bawa Gadget Saat Liburan Bareng Anak

Di era modern ini, orang-orang mulai gemar melakukan transaksi non tunai. Berbagai tempat wisata pun telah menyediakan fasilitas pembayaran non-tunai.

Namun ingat, kamu sedang pergi berlibur dengan anak. Karena itu, kamu harus menyediakan uang tunai bila sewaktu-waktu mereka ingin jajan atau meminta mainan di pedagang yang tidak menyediakan fasilitas pembayaran non-tunai. Selain itu, uang tunai juga sangat dibutuhkan untuk keperluan mendadak, seperti di warung atau kios-kios pinggir jalan.

Dan jangan lupa untuk membawa gadget selama berlibur ya. Karena gadget sangat penting untuk mengabadikan momen liburan bareng anak. Tapi usahakan agar anak tidak terfokus pada gadget selama liburannya.

7. Kunjungi Destinasi Baru yang Ramah Anak-Anak Selama Liburan Bareng Si Kecil


Kunjungi Destinasi Baru yang Ramah Anak-Anak Selama Liburan Bareng Si Kecil

Kini beralih ke destinasi liburan. Jika kamu berlibur bareng anak, ajak mereka jalan-jalan ke destinasi baru atau yang berbeda dari biasanya. Kalau bisa jauhi pusat perbelanjaan, dan pilih tempat yang menyediakan wahana permainan yang menyenangkan.

Selain itu, usahakan untuk memilih tempat yang ramah anak. Jika kalian liburan singkat, ajak anak untuk bermain ke taman rekreasi atau kawasan outbond yang edukatif.

Dengan demikian, anak-anak bisa bersenang-senang sekaligus belajar dan menambah ilmu. Jadi perhatikan betul ya destinasi wisata yang akan kamu tuju saat liburan bareng si kecil.

8. Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh yang Disukai Anak-Anak di Penghujung Liburanmu


Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh yang Disukai Anak-Anak di Penghujung Liburanmu

Nah, tips terakhir yang hendaknya kamu perhatikan saat liburan bersama anak adalah jangan lupa untuk membelikan mereka oleh-oleh selama liburan. Usahakan untuk membeli oleh-oleh yang mereka sukai.

Oleh-oleh tersebut misalnya mainan, sepatu, pakaian atau bahkan makanan. Dengan demikian, si kecil pun akan merasa senang dan mereka memiliki sesuatu yang bisa dikenang dari liburannya. Saat si kecil senang, bukankah kamu juga akan ikut senang?

Demikian delapan tips liburan bareng anak yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips booking hotel dengan harga murah di musim liburan. Dan jika kalian ingin liburan hemat, simak tipsnya di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait