Demokrat Ungkap SBY Tak Hadiri Pidato Kenegaraan Jokowi Karena Fokus Rawat Ibunda Sakit Keras
Nasional

Meski demikian, SBY serta Demokrat disebut tetap mendukung dan mendoakan agar pidato kenegaraan Jokowi berjalan lancar. SBY juga disebut akan memantau pidato Jokowi dari rumah sakit.

WowKeren - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) rupanya tak menghadiri sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada hari ini (16/8). Dalam sidang tahunan yang dihelat di kompleks parlemen tersebut, Presiden Joko Widodo juga memberikan pidato kenegaraannya.

Menurut Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, SBY kini tengah fokus merawat sang ibunda, Siti Habibah. Ibunda SBY diketahui sakit keras dan dirawat di Rumah Sakit Mitra Cibubur sejak Kamis (8/8) pekan lalu.

"Yang saya tahu mungkin Pak SBY tidak hadir dikarenakan saat ini beliau fokus merawat ibunda beliau Eyang Siti Habibah yang sedang sakit ya," jelas Jansen pada Jumat (16/8). Jansen juga menyebut bahwa SBY belum kembali mulai beraktivitas di ruang publik usai istrinya, Ani Yudhoyono, wafat.

Meski demikian, SBY serta Demokrat disebut tetap mendukung dan mendoakan agar pidato kenegaraan Jokowi berjalan lancar. SBY juga disebut Jansen akan memantau pidato Jokowi dari rumah sakit.


"Namun saya yakin Pak SBY pasti akan mengikuti sepenuhnya pidato Pak Jokowi besok dari rumah di Cikeas atau dari rumah sakit ya," terang Jansen. "Kami Demokrat berdoa semoga pidato kenegaraan dan pembacaan nota keuangan yang akan dibacakan oleh Pak Jokowi besok berjalan dengan lancar dan membuat bangsa kita tambah maju."

Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengaku SBY mendapat 2 undangan sekaligus untuk menghadiri pidato kenegaraan Jokowi. Senada dengan Jansen, Ferdinand juga menyebut SBY berhalangan hadir karena tengah fokus merawat sang ibunda.

"Undangan lebih dari satu. SBY diundang sebagai Ketua Umum Partai Demokrat dan diundang juga sebagai Presiden RI ke 6," tutur Ferdinand. "Pak SBY menyampaikan terima kasih atas undangan tersebut, dan menghormatinya. Namun demikian, karena situasi belum memungkinkan untuk hadir, maka SBY memutuskan untuk tidak hadiri acara tersebut. SBY fokus pada pengobatan eyang Siti Habibah yang kondisinya masih belum baik."

Sebelumnya, kondisi Siti Habibah disampaikan oleh Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari. SBY disebut terus memantau kondisi sang ibunda yang dirawat di rumah sakit.

"Sejak Kamis (8/8) lalu sakit keras. (Sekarang) kondisinya stabil," ungkap Sari pada Minggu (11/8). "Iya, Bapak (SBY) terus memonitor (kesehatan ibunya)."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru