Jokowi Minta Anggota Dewan Tak Sering-Sering Studi Banding ke LN: Informasi Ada di Smartphone
Twitter/KSPgoid
Nasional

Presiden Joko Widodo menyindir jajaran pejabat negara yang kerap melakukan studi banding ke luar negeri sebab info tersebut bisa didapatkan dengan lebih mudah.

WowKeren - Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi menyindir para pejabat negara yang gemar melakukan perjalanan dinas keluar negeri untuk melakukan studi banding. Hal itu disampaikan olehnya saat menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Kemerdekaan ke 74 tahun, di ruang paripurna I, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8).

Menurut Jokowi, para pejabat eksekutif tersebut tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Sebab, informasi yang berguna untuk studi banding bisa didapatkan dari ponsel.


"Untuk apa studi banding jauh-jauh sampai ke luar negeri padahal informasi yang kita butuhkan bisa diperoleh dari smartphone kita," kata Jokowi. "Mau ke Amerika di sini ada semuanya, mau ke Rusia di sini juga ada, mau ke Jerman di sini juga ada semuanya. Saya rasa ini relevan untuk bapak ibu anggota dewan."

Ia mengingatkan agar para jajaran anggota dewan tidak berpatok pada berapa banyak beleid yang dibuat sebagai ukuran kinerja. Beleid yang dimaksud meliputi UU, PP, hingga Permen. Sebaliknya, ukuran kinerja dilihat dari sejauh mana anggota dewan dan pemerintah bisa melindungi kepentingan rakyat.

Tak hanya kinerja para dewan rakyat, ia juga berbicara mengenai ukuran kinerja para penegak hukum, HAM dan pemberantasan korupsi. Para penegak hukum tidak serta merta bisa dikatakan berhasil hanya dilihat dari berapa banyak kasus yang diangkat maupun berapa banyak orang yang sudah dipenjarakan.

Menurut Jokowi, keberhasilan itu juga harus diukur dari berapa banyak potensi pelanggaran HAM yang bisa dicegah. Begitu pula dengan potensi kerugian negara.

"Harus diukur dari berapa potensi pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM yang bisa dicegah," tutur Jokowi. "Berapa potensi kerugian negara yang bisa diselamatkan."

You can share this post!

Related Posts
Loading...