8 Aplikasi Ini Manjur Banget Untuk Atasi Stres, Bisa Bikin Tenang Dan Relaks!
Tekno

Di era modern ini banyak sekali aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan stres. Aplikasi ini biasanya menjadi ajang konsultasi dengan ahli atau sekedar membantu kalian relaksasi saja.

WowKeren - Rasa stres dan panik sudah menjadi kejadian yang banyak ditemui di era modern ini. Berbagai orang diketahui mengalami stres baik karena pekerjaan, sekolah, atau bahkan hal lain. Stres juga tak bisa dianggap sepele karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Sebaliknya stres juga tidak bisa dengan mudah dihindari.

Secara ilmiah stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau bersemangat.


Situasi tersebut akan memicu respon tubuh, baik secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, dan tekanan darah meningkat.

Stres yang berkepanjangan juga dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh. Selain itu, stres juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan sistem reproduksi. Orang yang mengalami stres secara berkepanjangan biasanya juga akan mengalami gangguan tidur.

Oleh karena itu di era modern ini banyak sekali aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan stres. Aplikasi ini biasanya menjadi ajang konsultasi dengan ahli atau sekedar membantu kalian relaksasi saja. Penasaran apa saja? Yuk simak 8 aplikasi untuk atasi stes yang sudah tim WowKeren rangkum!

(wk/putr)

1. Gunakan T2 Mood Tracker Untuk Pantau Suasana Hati Tiap Hari


Gunakan T2 Mood Tracker Untuk Pantau Suasana Hati Tiap Hari

Salah satu aplikasi yang bisa mengatasi stres kalian adalah T2 Mood Tracker. Sesuai namanya, merupakan aplikasi pelacak suasana hati yang klasik tapi cukup manjur. Aplikasi ini dikembangkan oleh National Center for Telehealth & Technology Amerika.

Awalnya, aplikasi ini tercipta untuk membantu orang-orang militer dalam memantau kesehatan emosionalnya. Beberapa kali dalam sehari, aplikasi ini akan meminta kalian untuk menilai keadaan emosi. Nah dari situ, kalian akan mendapatkan grafik untuk mengetahui kecenderungan mental masing-masing setiap harinya.

2. Flowy Beta Bisa Atasi Stres Lewat Game Dan Penapasan


Flowy Beta Bisa Atasi Stres Lewat Game Dan Penapasan
KQED/Lindsey Hoshaw

Jika kalian sedang stres dan banyak pikiran, kalian dianjurkan untuk melakukan hal lain yang menyenangkan. Nah salah satunya adalah bermain game yang menyenangkan. Flowy Beta adalah salah satu aplikasi yang tepat untuk itu.

Hal ini karena Flowy Beta merupakan sebuah game yang diciptakan untuk penderita panik dan gangguan kecemasan. Dalam game-nya, kalian akan ditugaskan untuk menyelesaikan puzzle dengan bantuan napas. Ini karena tujuan utama game ini adalah melatih cara bernapas lewat diafragma sehingga menenangkan pikiran kalian.

3. Calm Yang Bisa Berikan Kalian Ketenangan Dan Kedamaian


Calm Yang Bisa Berikan Kalian Ketenangan Dan Kedamaian

Calm merupakan aplikasi yang akan membantu memberikan ketenangan bagi para penggunanya. Aplikasi ini mengeluarkan irama lembut yang akan membuat kalian jauh lebih santai dan rileks. Seri meditasi yang ditawarkan oleh aplikasi ini dapat diselesaikan dalam waktu 10-20 menit.

Aplikasi ini juga dapat membantu untuk mengembangkan seseorang dengan latihan yang dilakukan sehari-hari. Kalian yang bergabung dengan aplikasi Calm juga akan merasakan ketenangan serta kedamaian saat merasa stres dan depresi.

4. Breathe2Relax Bisa Bantu Atasi Stres Dengan Latihan Pernapasan


Breathe2Relax Bisa Bantu Atasi Stres Dengan Latihan Pernapasan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa latihan pernafasan bisa untuk mengatasi stres. Dengan mengendalikan pernapasan, kalian jadi memusatkan pikiran pada pernapasan yang lambat dan dalam sehingga membantu melepaskan diri dari pikiran dan sensasi yang memicu stres.

Nah aplikasi Breathe2Relax ini bakal membatu kalian untuk hal itu. Aplikasi smartphone ini memiliki teknologi yang mampu membantu menenangkan pernapasan Anda. Dengan aplikasi yang dapat diunduh di iOS dan Google Playstore ini kalian akan mampu membantu penggunanya mengatur pernapasan hingga mengurangi tingkat kecemasan dan stres yang dihadapi.

5. Talkspace Counseling & Therapy Menyediakan Berbagai Terapis Profesional


Talkspace Counseling & Therapy Menyediakan Berbagai Terapis Profesional

Jika kalian sedang stres dan banyak pikiran salah satu cara menguranginya adalah berbicara atau konsultasi dengan ahli. Namun sayangnya banyak orang yang tidak memiliki waktu atau biaya untuk melakukan konsultasi dengan terapis profesional.

Nah lewat aplikasi Talkspace Counseling & Therapy ini, kalian bisa mendapatkan trial konsultasi online gratis. Konsultasi online yang melibatkan terapis berlisensi ini, tentunya sangat tepat buat kalian yang sibuk dan yang selama ini lebih senang menuliskan perasaannya saja.

6. Daylio Yang Mirip Seperti Buku Harian Pribadi


Daylio Yang Mirip Seperti Buku Harian Pribadi

Aplikasi ini cocok banget buat kalian yang ingin punya jurnal harian, tapi tak pernah berhasil menuliskan catatan yang panjang. Ini karena Daylio merupakan aplikasi berbasis micro-diary sehingga kalian bisa mencatat kesan harian secara cepat, lalu bisa melacaknya dalam mood tracker dan mengevaluasi lewat grafik bulanan.

7. Colorfy Si Aplikasi Mewarnai Yang Bagus Atasi Stres


Colorfy Si Aplikasi Mewarnai Yang Bagus Atasi Stres

Siapa yang menyangka jika mewarnai rupanya bisa untuk mengatasi stres loh. Hal ini karena mewarnai termasuk ke dalam terapi seni. Terapi ini bertujuan untuk mengembalikan atau memperbaiki kesehatan mental, emosi, dan fisik seseorang dengan menggunakan proses menghasilkan karya kreatif.

Kegiatan ini dipercaya dapat membantu seseorang dalam mengekspresikan diri, meredakan stres, mengendalikan perilaku, dan meningkatkan kemampuan interpersonal. Nah Colorfy adalah aplikasi mewarnai terbaik untuk Android. Colorly muncul pertama kali dalam bentuk cetak. Berlatar belakang sains kreatifitas, Colorly bermaksud untuk menunjukan bahwa mewarnai dapat mengalirkan apa yang sedang dirasakan oleh seseorang.

8. Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kalian Dengan Aplikasi Digipill


Tingkatkan Rasa Percaya Diri Kalian Dengan Aplikasi Digipill

Aplikasi Digipill ini merupakan "pil" digital yang dapat kalian gunakan untuk mengurangi rasa stres dan insomnia. Bahkan, lewat aplikasi ini kalian juga bisa meningkatkan rasa percaya diri loh. Aplikasi ini bakal membantu kalian melakukan meditasi penuh.

Selain itu, meditasi kalian juga akan dilengkapi dengan lagu penenang yang mampu menstimulasi pikiran positif. Selain itu kalian juga bisa mengatur berapa lama waktu meditasi sesuai selera. Digipill tersedia untuk perangkat iOS dan juga Android secara gratis.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru