Menteri Sofyan Umumkan Ibu Kota Baru di Kaltim, Jokowi Masih Tunggu Kajian
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional

Pemerintah akhirnya mengumumkan bahwa Kalimantan Timur akan menjadi lokasi ibu kota yang baru. Meski demikian, dimana lokasi spesifiknya masih belum diumumkan.

WowKeren - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil telah mengumumkan Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota yang baru. Hal tersebut disampaikan olehnya saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8).

Terkait hal ini, Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi angkat bicara. Menurutnya, keputusan pemindahan ibu kota tersebut masih harus menunggu kajian. "Masih tunggu satu, dua kajian," kata Jokowi di Istana Bogor, Kamis (22/8).

Setelah kajian yang dimaksud telah selesai dirampungkan, maka pemerintah akan segera mengumumkan hasilnya ke publik. Jokowi mengaku bahwa hingga saat ini, dirinya masih belum menerima beberapa hasil kajian mengenai ibu kota baru. "Akan kita umumkan pada waktunya, masih nunggu kajian, tinggal satu, dua kajian belum disampaikan kepada saya," jelasnya.

Sebelumnya, Sofyan memang mengatakan bahwa sudah dipastikan lokasi ibu kota yang baru adalah Kaltim. Meski demikian, ia tidak menyebutkan lokasi spesifiknya. "Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," kata Sofyan.


Sementara itu, pemindahan ibu kota yang baru rencananya akan dibarengi dengan memboyong jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di pemerintahan. Terkait hal ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi masih melakukan kajian terhadap pindah tidaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke ibu kota baru.

"Ini masih dalam kajian," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mudzakir, Kamis (22/8). "Nanti juga perlu keputusan apakah semuanya, apakah hanya kementerian atau lembaga tertentu semua masih dalam kajian."

Mudzakir mengatakan bahwa dipindah tidaknya PNS akan menunggu keputusan akhir. "Kalau nanti misalnya diputuskan kementerian ini instansi pusat harus pindah, ya nanti PNS harus pindah, tapi kan belum ada keputusan," imbuh Mudzakir.

Penentuan Kaltim sebagai lokasi ibu kota baru menuai berbagai tanggapan. Pasalnya, selain Kaltim, Kalimantan Tengah juga sempat digadang-gadang akan menjadi calon lokasi ibu kota yang baru.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait