Naikan Mood Hingga Bikin Enggak Gampang Sakit, Intip 7 Manfaat Musik Untuk Kesehatan
Health

Musik juga diketahui memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Penasaran apa saja? Berikut 7 manfaat musik bagi kesehatan baik mental atau fisik seseorang.

WowKeren - Musik saat ini bukan hanya berperan sebagai hiburan semata saja. Musik diketahui memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Manfaat mendengarkan musik untuk menghilangkan stres sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Lantunan musik yang kita dengar diawali oleh getaran gelombang suara.

Nah gelombang suara ini kemudian masuk menuju telinga bagian tengah tempat bermukimnya gendang telinga, untuk selanjutnya diteruskan ke telinga dalam hingga otak. Di otak, sinyal listrik ini menyebar ke berbagai bagian otak dalam waktu yang bersamaan. Pertama, sinyal listrik ini mampir ke bagian otak temporal yang bekerja untuk memproses input indra (mengubah sinyal tersebut menjadi lantunan lagu yang kita dengar), memahami bahasa, dan mengatur emosi.


Selain itu, musik juga diketahui memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat musik bagi kesehatan baik mental atau fisik seseorang. Yuk disimak!

1. Mendengarkan Musik Bisa Bikin Mood Naik


Mendengarkan Musik Bisa Bikin Mood Naik
Pexels

Seperti yang diketahui jika mood memang bisa meredakan stress. Manfaat Mendengarkan musik yang pertama adalah dapat menurunkan stres dan meningkatkan mood. Bila kalian rutin mendengarkan musik dijamin kondisi psikologis kalian bakal jadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres loh.

Selain itu, mendengarkan musik favorit bakal membantu kalian untuk lebih tenang dan juga dapat membantu meningkatkan mood. Kamu lebih tenang dan stres yang mengganggu dapat berkurang. Musik dapat mengalihkan energi kalian dari rasa marah untuk bahagia dengan bantuan genre yang berbeda. Cobalah mendengarkan musik, yang membuat suasana hati kalian lebih indah ya.

2. Jaga Kekebalan Tubuh Ternyata Juga Bisa Pakai Musik Loh


Jaga Kekebalan Tubuh Ternyata Juga Bisa Pakai Musik Loh

Meski jarang diketahui tapi mendengarkan musik juga dapat meningkatkan tingkat antibodi loh. Antibodi adalah sel pembunuh alami yang memainkan peran penting dalam mencegah infeksi dan kuman berbahaya. Terapi musik juga diketahui bisa membantu meringankan nyeri dan juga kanker.

Inilah yang menyebabkan para peneliti menyarankan musik sebagai komponen non-farmakologis untuk pengurangan rasa sakit. Hal ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.

3. Musik Juga Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak


Musik Juga Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Musik bermanfaat untuk membuat tubuh jadi rileks dan lebih tenang. Mendengarkan musik dengan ritme lambat yang lembut dan memberi ketenangan untuk tubuh dan pikiran bakal membuat kalian ketiduran tanpa sadar.

Walau begitu, menyalakan musik dengan volume yang sangat kencang bukanlah ide yang baik. Bisa-bisa kalian malah terkena gangguan pendengaran, perlu diketahui bahwa suara keras sampai 85 desibel bisa menyebabkan kerusakan pendengaran permanen loh.

4. Musik Bisa Meningkatkan Stamina Saat Olahraga


Musik Bisa Meningkatkan Stamina Saat Olahraga
unsplash/Filip Mroz

Mendengarkan musik bisa meningkatkan efisiensi olahraga, serta menunda rasa lelah. Musik juga dapat membuat otak memproduksi hormon bahagia, sehingga kalian lebih sering dan semangat berolahraga. Jika kalian memainkan musik dengan tempo lambat, secara otomatis juga akan memengaruhi stamina, tempo dan kecepatan saat berolahraga.

Untuk itu, pilihlah lagu dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat sehingga kalori pun semakin banyak terbakar karena tubuh akan otomatis bergerak lebih cepat. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan kalian untuk berolahraga lebih lama.

5. Mendengarkan Musik Bisa Mengurangi Tekanan Darah


Mendengarkan Musik Bisa Mengurangi Tekanan Darah

Siapa yang sangka jika mendengarkan musik bisa untuk mengurangi tekanan darah loh. Dengan mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam, orang-orang dengan tekanan darah tinggi bisa mengontrol dirinya untuk menurunkan tekanan darah.

Menurut penelitian yang disebutkan dalam acara pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans, mendengarkan musik klasik selama 30 menit, musik Celtic setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan. Selain itu, musik yang tenang juga bisa membuat efek relaksasi pada seseorang loh.

6. Meski Aneh, Tapi Musik Bisa Melindungi Pendengaran


Meski Aneh, Tapi Musik Bisa Melindungi Pendengaran

Mungkin selama ini kalian mengira jika mendengarkan musik dengan volume keras dapat merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik.

Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja kalian harus berhati-hati ya. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

7. Selain Mood, Musik Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung


Selain Mood, Musik Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Tak hanya untuk memperbaiki mood saja, musik juga bagus untuk kesehatan jantung. Penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

Intip juga manfaatn tidur miring ke kanan untuk kesehatan jantung di sini. Simak juga bahya jika malas bergerak di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...