Jokowi Bagikan Perkembangan Papua, Menteri ESDM: Beliau Bapak Kita Semua
Nasional

Lewat komentarnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan seolah menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo adalah 'ayah' untuk seluruh rakyat Indonesia, tanpa membedakan ras, suku, dan agama.

WowKeren - Kerusuhan yang terjadi di tanah Papua masih menjadi sorotan banyak pihak. Pasalnya, lebih dari sepekan berlalu sejak kerusuhan pertama kali pecah, situasi keamanan di Bumi Cenderawasih belum sepenuhnya kondusif.

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo pun membagikan perkembangan terkini situasi di Papua. Lewat unggahan di Instagram-nya, @jokowi, mantan Wali Kota Solo itu mengaku telah meminta aparat keamanan untuk menindak tegas provokator kerusuhan tersebut. Ia memastikan para provokator tak menerima toleransi dari aparat keamanan.

"Seluruh warga negara Indonesia, tanpa terkecuali, berhak mendapat perlindungan dan dijaga martabatnya," tulis Jokowi sebagai caption. "Karena itulah, terkait situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan Papua Barat, saya meminta aparat keamanan untuk menindak tegas pelaku perusakan dan provokasi yang mengakibatkan suasana menjadi tidak kondusif."

"Saya telah menerima laporan bahwa tindakan hukum telah diambil baik kepada oknum sipil maupun militer tanpa terkecuali yang melakukan tindakan-tindakan tersebut," imbuhnya. "Tidak ada toleransi pada perusuh dan pelaku tindakan-tindakan anarkistis."

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan telah menggelar rapat terbatas dengan jajaran kabinetnya untuk membahas soal situasi Papua dan Papua Barat. Fasilitas umum yang dirusak massa selama kerusuhan pun, tegas Jokowi, akan diperbaiki oleh pemerintah. Ia berharap penanganan yang sigap dapat segera memulihkan mobilitas warga di sana.


"Di Jakarta kemarin, saya menggelar rapat terbatas untuk membahas penanganan situasi keamanan di Papua dan Papua Barat," kata Jokowi. "Saya juga telah memerintahkan kepada segenap jajaran pemerintah terkait untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan sejumlah fasilitas umum selepas aksi unjuk rasa di Papua dan Papua Barat."

Unggahan itu pun mendapat beragam respons dari warganet. Mulai dari permintaan agar pemerintah memberi sanksi tegas kepada provokator dan penyebar hoaks, hingga memberi pujian serta dukungan kepada sang presiden.

Salah satu yang memberi dukungan adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Secara tersirat, ia menegaskan bahwa Jokowi adalah kepala negara yang mampu menyatukan kembali Indonesia. Selain komentar Jonan, berikut adalah kutipan komentar lain.

"Jokowi adalah Bapak kita semua," tulis Jonan yang langsung mendapat puluhan likes. "Yg buat berita hoaxnya tolong di hukum seberat beratnya pak. soalnya kayak teroris, suka memecah belah bangsa demi idealismenya sendiri," komentar @ja****rst.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait