Tak Hanya MacBook, 7 Benda Ini Juga Dilarang Masuk Ke Dalam Kabin Pesawat
Travel

Selain MacBook, ada juga beberapa benda yang dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat loh. Beberapa barang ini dikhawatirkan akan berbahaya jika dimasukkan ke dalam kabin pesawat di atas ketinggian.

WowKeren - Baru-baru ini para treveler dihebohkan dengan peraturan baru dari maskapai penerbangan. Bagaimana tidak, baru saja diresmikan bahwa laptop buatan Apple yakni MacBook mendapat pelarangan dari berbagai maskapai, termasuk paling baru Garuda Indonesia.

Lebih spesifik, MacBook Pro 15 inch yang dilarang masuk ke dalam pesawat, baik kabin maupun kargo. Larangan itu disampaikan Garuda karena baterai MacBook Pro 15 inci diketahui mudah panas dan bisa memicu kebakaran.


Namun selain MacBook, ada juga beberapa benda yang dilarang untuk dibawa ke dalam kabin pesawat loh. Beberapa barang ini dikhawatirkan akan berbahaya jika dimasukkan ke dalam kabin pesawat di atas ketinggian.

Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis benda yang dilarang masuk dalam kabin pesawat. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Semua Alat Tumpul Yang Dapat Menyebabkan Potensi Cidera Dilarang Di Kabin


Semua Alat Tumpul Yang Dapat Menyebabkan Potensi Cidera Dilarang Di Kabin

Meskipun tak terlihat menyebabkan masalah dalam kabin, tapi beberapa benda tumpul tak diperbolehkan untuk masuk ke dalam kabin pesawat loh. Beberapa benda tumpul yang dilarang yakni yang berpotensi untuk menyebabkan cidera jika dipukulkan ke tubuh.

Beberapa benda yang dimaksud menyebabkan cidera yakni pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, pentungan, tongkat golf, kail pancing, skateboard, dan berbagai perlengkapan bela diri yang menyebabkan potensi cidera bagi penumpang lainnya ke dalam kabin pesawat. Peraturan maskapai penerbangan Indonesia menyatakan bahwa benda-benda ini wajib untuk disimpan di bagasi saat check in.

2. Jangan Bawa Benda berbahan Gas Atau Aerosol Jika Akan Naik Pesawat


Jangan Bawa Benda berbahan Gas Atau Aerosol Jika Akan Naik Pesawat

Jangan pernah membawa barang berbahan gas karena setiap maskapai memiliki peraturan larangan membawa barang-barang yang memiliki kandungan gas. Barang tersebut seperti gas kimia oksigen, aerosol, cat semprot, dan benda-benda lain yang terkandung bahan gas.

Peraturan ini bukan tanpa alasan, sama seperti benda-benda peledak, gas rupanya dapat memicu sebuah ledakan dan dapat mengancam jiwa penumpang jika berada di tekanan tertentu. Oleh sebab itu, sebaiknya benda-benda tersebut dimasukkan ke dalam bagasi saja ya. Intip juga aplikasi yang bisa mudahkan traveling di sini.

3. Senjata atau Benda Tajam Tentunya Juga Dilarang Di Kabin Pesawat


Senjata atau Benda Tajam Tentunya Juga Dilarang Di Kabin Pesawat

Tak perlu diragukan lagi jika benda tajam memang tak diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat. Benda-benda seperti ini berpotensi untuk membahayakan penumpang lainnya, sehingga wajar dilarang masuk ke dalam kabin pesawat.

Namun dalam hal ini, benda tajam yang dilarang juga termasuk beberapa beauty kit, seperti pin set, jarum pentul, gunting kecil, gunting kuku, dan benda lainnya yang mungkin biasa kamu simpan di dalam tas jinjing. Nah agar aman dari pengecekan dan barang-barangmu tidak disita, sebaiknya letakkan beauty kit-mu di dalam koper saja.

4. Senjata Api dan Bahan Peledak Sangat Berbahaya Jika Dibawa Ke Kabin Atau Bagasi


Senjata Api dan Bahan Peledak Sangat Berbahaya Jika Dibawa Ke Kabin Atau Bagasi

Sudah dapat dipastikan bahwa penumpang pesawat sipil dilarang membawa senjata api. Hal ini karena membawa senjata api merupakan bentuk pelanggaran yang dapat mengancam keselamatan penumpang. Untuk senjata api sendiri tentunya sudah memiliki divisi penerbangan khusus yang mengangkut.

Begitu pula dengan bahan peledak. Bahan peledak yang mengandung zat yang mudah terbakar, zat kimia, dan racun seperti asam, alkali, zat korosif, bahan radioaktif juga dilarang berada di dalam kabin. Khusus untuk bahan peledak, semua maskapai penerbangan Indonesia melarang keras untuk membawa barang ini ke dalam pesawat, baik bagasi check-in atau kabin pesawatnya. Intip juga tip aman traveling naik pesawat untuk ibu hamil di sini.

5. Produk yang Berasal dari Hewan Juga Tidak Boleh Masuk Kabin


Produk yang Berasal dari Hewan Juga Tidak Boleh Masuk Kabin

Barang yang dimaksudkan adalah sejenis daging segar, sosis, susu atau keju. Hal ini karena dikhawatirkan jika barang-barang tersebut akan menimbulkan bau yang kurang sedap. Tak hanya itu, barang-barang tersebut juga berpotensi menyimpan bakteri pathogenic yang bisa mengganggu kesehatan.

Karena pada saat di dalam pesawat kita akan duduk di sebuah ruangan tertutup bersama banyak orang, maka sebaiknya kalian tidak membawa barang-barang beraroma tajam yang dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Oleh karena itu, barang berbau tajam seperti buah durian, buah nangka dan terasi juga tidak boleh dibawa ke dalam kabin karena aromanya yang menyengat.

6. Ingat Untuk Tidak Membawa Zat Cair Lebih Dari 100ml Di Kabin Pesawat


Ingat Untuk Tidak Membawa Zat Cair Lebih Dari 100ml Di Kabin Pesawat

Para penumpang pesawat terbang tidak boleh membawa cairan lebih dari 100 ml per kemasan ke dalam bagasi kabin. Namun jangan khawatir, hal ini pengecualian untuk penumpang yang membawa membawa makanan bayi ataupun obat-obatan yang dikonsumsi selama penerbangan, termasuk makanan diet khusus seperti bagi penderita diabetes yang boleh dibawa selama melakukan perjalanan via udara.

Selain itu, sebaiknya peralatan-peralatan kosmetik yang berbentuk cairan seperti sabun, sampo, dan peralatan mandi lainnya (termasuk parfum) ditaruh ke dalam koper untuk disimpan ke dalam bagasi check in. Hal ini karena cairan yang gampang terbakar, bahkan bahan peledak sering kali sulit dibedakan dengan cairan yang tidak berbahaya.

7. Power Bank Ternyata Juga Tak Diizinkan Masuk Kabin


Power Bank Ternyata Juga Tak Diizinkan Masuk Kabin

Peraturan baru yang dikeluarkan bulan Maret 2018 ini menyatakan bahwa Power Bank dengan rating energi di atas 160 Wh (Watt per hour) dilarang masuk ke dalam kabin pesawat. Sebuah Power Bank dengan kapasitas 5.000 mAh dengan voltase baterai sebesar 3,85 V memiliki rating energi sebesar 19.250 mWh (miliwatt per hour).

Jika dikonversi ke dalam satuah Wh, maka rating energi Power Bank tersebut hanyalah 19,25 Wh dan masih aman untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Larangan ini karena Power Bank memiliki potensi meledak di atas ketinggian udara. Jadi jika ingin mengisi daya benda elektronik saat bepergian, kalian bisa menggunakan fasilitas charging corner di bandara.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru