Diisukan Jadi Mobil Nasional, Ini Kata Jokowi dan Bos Esemka
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional

PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai pabrikan mobil buatan dalam negeri Esemka akhirnya diresmikan hari ini, Jumat (6/9). Bertepatan dengan itu, Esemka pun meluncurkan dua tipe mobilnya.

WowKeren - Mobil produksi dalam negeri, Esemka, akhirnya diluncurkan hari ini. Bertepatan dengan peresmian pabriknya di wilayah Boyolali, Jawa Tengah, PT Solo Manufaktur Kreasi juga sekaligus meluncurkan dua tipe pikap, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3.

Berbagai pertanyaan seputar mobil Esemka pun dilontarkan awak media dalam peresmian yang dihadiri Presiden Joko Widodo ini. Salah satunya adalah soal isu mobil Esemka akan dijadikan mobil nasional.

Menanggapi pertanyaan itu, Jokowi hanya memberikan jawaban singkat. "Tanya Pak Menperin," ujarnya di Pabrik Esemka, Jumat (6/9).

Namun dalam pernyataan selanjutnya, secara tersirat ia menjelaskan bahwa Esemka bukan mobil nasional. Sebab, menurut Jokowi, pemerintah tak akan memberikan bantuan dana untuk produksi Esemka.

Lebih lanjut, Jokowi pun memuji Esemka yang sudah berani memproduksi mobil sendiri, apalagi dengan 60 persen komponennya adalah buatan dalam negeri. Jokowi pun tak meragukan kualitas Esemka yang pernah ia gunakan sebagai mobil dinas kala menjabat sebagai Wali Kota Solo.


"Nggak ada, ini adalah akan lebih baik kalau perusahaan swasta ya, mandiri. Berani berkompetisi," tutur Jokowi, dilansir Detik News. "Akan bisa survive kalau punya produksi baik. Tapi (Esemka) memang punya keunggulan, ini brand dan principal Indonesia."

Sebelumnya, dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, juga menyampaikan pandangannya soal Esemka sebagai mobil nasional. Namun jawaban Eddy lebih tegas ketimbang Jokowi, yakni menegaskan bahwa Esemka murni perusahaan swasta.

"Kami adalah perusahaan swasta nasional yang seratus persen dimiliki swasta," papar Eddy. "Dan kami bukan mobil nasional seperti yang dipahami orang selama ini. Lebih tepatnya, (Esemka adalah) mobil buatan Indonesia, karya anak bangsa sendiri."

Eddy pun berharap agar perusahaannya ini bisa menjadi perintis industri otomotif nasional. Ia juga berharap agar para lulusan SMK atau sekolah politeknik bisa diberdayakan lewat perusahaannya ini.

Di sisi lain, Humas Esemka, Sabar Budhi, menyatakan mobil yang diluncurkan hari ini akan menyasar masyarakat pedesaan. Hal ini sejalan dengan visi, misi, dan komitmen Esemka untuk memajukan perekonomian daerah.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru