Jokowi Janji Bangun Istana Presiden di Papua Tahun Depan
Instagram
Nasional
Demo Rasisme Papua

Janji ini Jokowi sampaikan demi menanggapi permintaan ketua rombongan tokoh Papua, Abisai Rollo, agar Istana Kepresidenan turut dibangun di Kota Jayapura.

WowKeren - Hari ini, Selasa (10/9), sebanyak 61 tokoh Papua menggelar pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Di hadapan sang kepala negara, para tokoh tersebut menyampaikan aspirasi mereka.

Total ada sepuluh aspirasi yang mereka sampaikan, salah satunya adalah meminta pembangunan Istana Kepresidenan di Bumi Cenderawasih. Tak sekadar meminta, mereka juga mengaku siap menyumbangkan tanah seluas sepuluh hektare untuk pembangunan istana tersebut.


"Yang terakhir, yang kesepuluh, adalah membangun Istana Presiden RI di Papua. Di Ibu Kota Provinsi Papua, di Kota Jayapura," ujar Ketua Rombongan Tokoh Papua, Abisai Rollo, Selasa (10/9). "Sehingga perjalanan ke Papua diubah dari berkunjung ke Papua menjadi berkantor ke Papua."

Lebih lanjut, Abisai yang juga Ketua DPRD Kota Jayapura itu pun menyinggung soal rencana Jokowi untuk memindahkan Ibu Kota ke Provinsi Kalimantan Timur. Ia pun berharap agar permintaannya ini dikabulkan secepatnya, sehingga Jokowi bisa menjadi kepala negara pertama yang "mencicipi" Istana Presiden di Papua.

"Kalau Bapak Presiden dengan memindahkan Istana ke Kalimantan, saya juga meminta dengan hormat agar membangun Istana Presiden di Papua," imbuhnya, dilansir Detik News. "Sehingga dalam lima tahun ini Bapak yang berkantor pertama di Istana Presiden di Papua."

Menanggapi permintaan tersebut, Jokowi diketahui tak langsung menjawab. Ia terlebih dahulu berbisik-bisik dengan Mensesneg Pratikno dan Menko Polhukam Wiranto.

Menariknya, Jokowi akhirnya mengabulkan permintaan tersebut. Ia pun berjanji Istana Kepresidenan di Papua siap dibangun mulai tahun depan. "Mulai tahun depan istananya mulai dibangun," ujarnya tegas, yang langsung disambut tepuk tangan meriah ke-61 tokoh.

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menyinggung soal pengembangan sumber daya manusia di Bumi Cenderawasih. Menurutnya, hal tersebut akan menjadi fokus pemerintahannya ke depan.

Tak hanya itu, Jokowi pun turut menjanjikan adanya lapangan pekerjaan yang memadai untuk para putra dan putri Papua yang baru selesai studi. Tak tanggung-tanggung, mantan Wali Kota Solo itu mengaku siap "memaksa" BUMN dan perusahaan besar untuk menyediakan seribu posisi bagi para sarjana Papua.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts