BJ Habibie Tutup Usia, Pemerintah Tetapkan Berkabung Nasional Selama 3 Hari
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, mengimbau agar seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang mulai malam ini hingga Sabtu (14/9) besok.

WowKeren - Pemerintah menetapkan berkabung nasional selama 3 hari menyusul wafatnya Presiden ke-3 RI, BJ Habibie. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, pada hari ini (11/9).

"Jadi kita menetapkan berkabung nasional selama tiga hari," tutur Pratikno di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. "Jadi nanti (hari ini) sampai tanggal 14 September (Sabtu)."


Dengan demikian, Pratikno mengimbau agar seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang mulai malam ini hingga Sabtu (14/9) besok. Tak hanya masyarakat sipil, kantor-kantor pemerintah, baik di dalam dan luar negeri, juga diminta untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Imbauan tersebut tertuang dalam surat B- 1010/M.Sesneg/Set/TU.0010912019 11 September 2019 tentang pengibaran bendera negara setengah tiang.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, juga kepada kantor-kantor lembaga negara atau pemerintah, baik di dalam maupun luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang," jelas Pratikno. "Sampai tanggal 14 September 2019."

Selain itu, Pratikno juga sempat mengaku bahwa pihak Istana telah berkoordinasi dengan Garnisun TNI untuk mengatur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI. Meski demikian, Pratikno belum bisa memastikan kapan tepatnya upacara pemakaman militer tersebut akan digelar.

"Harap dimaklumi, karena keluarga masih dalam suasana sangat berduka," jelas Pratikno. "Malam ini akan ditentukan ya, upacara pemakaman besok pukul berapa."

Jenazah Habibie sendiri akan segera disemayamkan di rumah duka di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Mendiang Habibie nantinya akan dikebumikan di samping pusara sang istri, yakni mendiang Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie. "Sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya Ibu Ainun Habibie di slot 120-121," ungkap Pratikno.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts