Donald Trump Turut Berduka dan Kenang Habibie Sebagai Sosok Demokrasi Yang Hebat
Getty Images/Chris Jackson
Dunia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump turut berduka cita atas wafatnya Presiden Republik Indonesia Ke-3 BJ Habibie hingga memuji mendiang sebagai sosok demokrasi yang hebat.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan rasa dukacitanya atas wafatnya Presiden Republik Indonesia Ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie atau kerap disapa BJ Habibie. Donald Trump juga memuji dan mengenang BJ Habibie sebagai seorang pemimpin yang luar biasa.

BJ Habibie menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Jasad Mantan Presiden RI kini telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata tepat disamping pusara sang istri Hasri Ainun Besari pada Kamis, 12 September 2019.

Melalui pernyataan resmi dari Gedung Putih yang dikirim Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Donald Trump beserta Ibu Negara Melania Trump menyatakan rasa belasungkawanya atas kehilangan bangsa Indonesia terhadap salah satu putra terbaiknya. Ucapan itu disampaikan pada hari Jumat, 13 September 2019.


"Presiden Donald J. Trump dan Ibu Negara Melania Trump turut berduka bersama rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie," demikian pernyataan Gedung Putih yang dirilis oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia, Jumat (13/9). Donald Trump juga menyebut Habibie dengan "kepemimpinan yang luar biasa" melalui pernyataan tersebut.

Donald Trump memuji pengaruh dan kontribusi BJ Habibie yang berhasil membentuk Indonesia menjadi salah satu negara demokrasi terbesar yang hebat di dunia. Trump menyinggung tantangan berat yang dihadapi oleh mendiang Habibie setelah berakhirnya pemerintahan Presiden Soeharto pada 1998.

Berakhirnya pemerintahan Presiden Soeharto dengan digantikan oleh BJ Habibie dinilai menjadi titik balik perubahan arus pemerintahan di Indonesia yang bertransformasi menjadi negara demokrasi. "Dr. Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar kemunculan negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia," tulis Gedung Putih.

Terakhir, Presiden Amerika Serikat ini juga memberikan apresiasinya terhadap sosok BJ Habibie yang juga telah berkontribusi besar dan menjadi inspirator terhadap bangsa dan negara Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi tepatnya di bidang industri penerbangan. "Dr. Habibie, seorang insinyur yang berhasil, juga akan dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia, termasuk industri penerbangan dalam negeri, suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia," tulis pernyataan dari Gedung Putih.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait