Diprotes Karena Beri Sanksi Tayangan ‘The Spongebob Squarepants Movie’, Begini Penjelasan KPI
TV

Usai diprotes, kini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan penjelasan terkait sanksi yang diberikan terhadap tayangan ‘The Spongebob Squarepants Movie’.

WowKeren - Pada Sabtu (14/9) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengumumkan memberikan sanksi kepada 14 program acara televisi dan Radio. Kabar ini diketahui langsung dari unggahan di laman Instagram milik KPI.

Ke-14 program yang diberi sanksi adalah Program Siaran Jurnalistik “Borgol” GTV, "Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" GTV, "Ruqyah" Trans 7, "Rahasia Hidup" ANTV, "Rumah Uya" Trans 7, dan "Obsesi" GTV.


Kemudian ada Promo Film "Gundala" TV One, "Ragam Perkara" TV One, "DJ Sore" Gen FM, "Heits Abis" Trans 7, "Headline News" Metro TV, "Centhini" Trans TV, "Rumpi No Secret" Trans TV, dan "Fitri" ANTV.

Ketika diketahui "Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" masuk dalam list teguran KPI, lantas hal ini menjadi kontroversi bagi masyarkat. Tokoh kartun bernama Spongebob Squarepants ini juga sempat menjadi tranding topic di Twitter pada hari itu.

Banyak dari netizen yang kurang sependapat dengan keputusan KPI memberikan teguran untuk tayangan tgersebut. Mereka memprotes dengan membandingkan tayangan "Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie" dengan sinetron.

Kendati demikian, wakil ketua KPI pusat, Mulyo Hadi Purnomo memaparkan penjelasan dari alasan KPI memberikan teguran kepada tayangan tersebut. Ia menjelaskan bahwa ditemukannya jenis pelanggaran yang terkait karena adanya muatan kekerasan dalam program siaran “The SpongeBob SquarePants Movie”.

"Pada tanggal 6 Agustus 2019 mulai pukul 11.14 WIB pada segmen 'Rabbids Invasion' yang terdapat adegan seekor kelinci melakukan tindakan-tindakan kekerasan terhadap kelinci lain,” ujar Mulyo dilansir dari Kompas.com pada Sabtu (14/9). “Yakni memukul wajah dengan papan, menjatuhkan bola bowling dari atas, sehingga mengenai kepala, melayangkan palu ke wajah, serta memukul pot kaktus menggunakan raket ke arah wajah."

Selain itu, program ini juga kedapatan berisi adegan kekerasan lainnya, seperti melempar kue tart ke muka dan memukul menggunakan kayu. Yang mana diketahui tayangan ini disiarkan pada 22 Agustus 2019 pukul 15.06 WIB.

You can share this post!

Related Posts
Loading...