Jokowi Tuai Cibiran Usai 'Pamer' Penanganan Karhutla, Warganet Kompak Membela
Nasional
Darurat Kabut Asap Kalimantan

Lewat Instagram-nya, Jokowi membagikan perkembangan terkini penanganan karhutla Riau. Sayangnya aksi Jokowi ini disambut sejumlah komentar negatif dari warganet.

WowKeren - Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang mendera sejumlah wilayah di Indonesia. Diketahui ratusan hektare hutan di Sumatera dan Kalimantan harus habis dilalap si jago merah.

Tak hanya itu, sejumlah efek samping pun ditimbulkan dari peristiwa ini. Mulai dari memburuknya kualitas udara di wilayah terdampak, hingga keluhan yang dilayangkan negara-negara tetangga akibat kabut asap yang ditimbulkan.


Hingga kini penanganan karhutla terus digalakkan pemerintah, seperti yang dibagikan oleh Presiden Joko Widodo lewat akun Instagram-nya berikut ini. Menurutnya, sudah hampir enam ribu personil tambahan didatangkan untuk membantu mengatasi karhutla yang terjadi di Riau.

"Penanganan kebakaran hutan dan lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau, hari ini," tulis Jokowi sebagai caption unggahannya. "Sebanyak 5.600 personil tambahan sudah tiba di Riau dari kemarin. Water bombing sudah digelar di lokasi kebakaran dengan mengerahkan sedikitnya 52 pesawat."

Jokowi mengaku akan terus mengusahakan berbagai cara agar permasalahan karhutla bisa diselesaikan. Kendati demikian, ada satu hal yang mengganggu pikirannya, yakni soal pencegahan sebelum kejadian.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar aparat berkonsentrasi penuh untuk langsung memadamkan titik-titik api sebelum menyebar. Ia juga mengultimatum agar tak ada satu pihak pun yang mencoba membakar lahan maupun hutan, apapun alasannya.

"Saya mengingatkan seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran lahan gambut atau pun hutan," pungkasnya. "Bagi para pelaku, baik korporasi maupun individu, akan dilakukan tindakan penegakan hukum tanpa pandang bulu."

Sayangnya banyak masyarakat yang masih bersikap skeptis atas tindakan sang presiden. Seperti dikutip dalam komentar berikut.

"Apapun KASUS BESAR YG ADA, Bahkan Kalau Ada Meteor Jatuh di Indonesia, sebagai Model Pria YG baik pakde pasti bersedia Foto Foto ditempat itu... Sekedar FOTO FOTO," tulis @kevi*******ndi. "Cuma foto begitu doang selang air jg bisa," imbuh @dew******aah.

Tak ayal cibiran itu pun langsung "diserang balik" oleh warganet lain. Tak hanya menyindir para warganet yang masih bersikap skeptis, mereka juga "menyenggol" para kepala daerah yang tampak tak berkutik mengatasi permasalahan yang ada.

"Presiden gak dateng di caci, presiden turun tangan pencitraan," ujar @miq******mis. "Enak bgt jdi netizen yaa komen2 doang HAHAHA."

"Apa2 dikit nyalahin presiden, dikit2 presiden. Mon maap, Itu bupati gubernur dan kepala2 daerah lainnya bukan pajangan," kata @zi***26. "Padahal yg salah 'pihak2' tp selalu pa jokowi yg kena marah org2 hahaa," timpal @fabi******dd.

You can share this post!

Related Posts
Loading...