Prabowo Disebut Siap Gabung Dengan Jokowi Asal Dijadikan Menteri Pertahanan
Twitter/KSPgoid
Nasional

Seorang sumber dari elite Gerindra membocorkan sejumlah posisi yang telah disiapkan Jokowi untuk Prabowo. Sumber itu juga menyebut bahwa Prabowo berharap mendapat jabatan Menhan.

WowKeren - Isu merapatnya Prabowo Subianto ke pemerintahan Joko Widodo hingga saat ini masih santer berembus. Partai Gerindra besutan Prabowo sendiri hingga kini masih belum menyatakan sikap politik mereka di periode pemerintahan yang baru.

Namun, seorang sumber dari elite Gerindra membocorkan sejumlah posisi yang telah disiapkan Jokowi untuk Prabowo. Jokowi rupanya telah menyiapkan 3 kursi, yakni jabatan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) untuk Prabowo dan 2 kursi Menteri atau pejabat setingkat Menteri dalam kabinet untuk Gerindra.

Menurut sumber tersebut, Jokowi awalnya menawarkan kursi Menteri Pertanian dan kepala badan koordinasi penanaman modal atau BKPM. Pasalnya, Jokowi menilai jabatan tersebut sesuai dengan apa yang sering difokuskan oleh Gerindra dan Prabowo, di antaranya adalah kedaulatan pangan dan ekonomi kerakyatan.

Namun, Gerindra merasa tak tertarik dengan tawaran tersebut. "Wantimpres itu tugasnya hanya menasihati Presiden. Belum tentu juga nasihatnya diterima oleh Presiden," ujar sumber tersebut dilansir Merdeka.com pada Senin (7/10).

Rupanya, Gerindra melirik posisi Menteri Pertahanan dalam kabinet. Hal ini sudah tak aneh lantaran Prabowo selama ini juga memiliki perhatian besar pada bidang pertahanan.


Tak hanya berharap diangkat sebagai Menhan, sumber tersebut mengungkapkan bahwa Prabowo juga ingin dianugerahi gelar Jenderal Kehormatan. Gelar tersebut dilengkapi dengan empat bintang, sama seperti yang telah didapat Susilo Bambang Yudhoyono kala menjabat sebagai Menteri.

Sebelumnya, memang ada kebiasaan memberikan gelar Jenderal penuh bagi para purnawirawan yang diangkat sebagai Menteri. Seperti penganugerahan Jenderal Bintang Empat Kehormatan pada Menkopolkam Hari Sabarno dan Kepala BIN AM Hendropriyono di era Presiden Megawati Soekarnoputri. Selain itu, Agum Gumelar juga mendapat gelar Jenderal Kehormatan di era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Namun, hal ini tidak lagi dilakukan di era pemerintahan Presiden SBY. "Pak Prabowo sudah setuju kalau Menteri Pertahanan," tutur sumber yang juga dekat dengan Prabowo tersebut.

Meski demikian, anggota Dewan Pembina Gerindra Habiburokhman mengelak soal isu ini. Menurutnya, ia belum mendengar soal Prabowo yang menginginkan jabatan Menhan.

Habiburokhman juga tak mau berbicara soal posisi yang diminta Gerindra di kabinet. "Setahu saya enggak ada itu (kursi Menhan), enggak ada pernyataan itu ya," pungkas Habiburokhman.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait