Bakal Putuskan Sikap di Pemerintahan Jokowi, Jubir Prabowo: Rakernas Gerindra Digelar November
Nasional

Sedianya, agenda rakernas Partai Gerindra tersebut dijadwalkan pada 21 September lalu, namun terpaksa ditunda lantaran ada beberapa hal yang masih belum diselesaikan.

WowKeren - Partai Gerindra hingga kini diketahui belum memutuskan sikap politik mereka. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut akan memutuskan apakah mereka tetap berada di oposisi atau merapat ke pemerintahan Joko Widodo dalam rapat kerja nasional (rakernas) mendatang.

Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjutak, lantas mengatakan bahwa Gerindra kemungkinan akan menggelar rakernas bulan depan. "November kemungkinan (digelar)," ujar Dahnil dilansir CNN Indonesia pada Rabu (9/10).

Rencananya, rakernas tersebut akan digelar di kediaman Prabowo yang ada di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Sedianya, agenda tersebut dijadwalkan pada 21 September lalu namun terpaksa ditunda lantaran ada beberapa hal yang masih belum diselesaikan.

Dahnil sendiri memastikan bahwa rakernas Gerindra akan digelar sebelum 2019 berakhir. Namun, Dahnil menyebut bahwa internal Gerindra belum menerima kepastian apakah akan ada pihak luar partai yang diundang. "Kita belum bicarakan siapa saja (yang akan diundang)," ungkap Dahnil.


Sebelumnya, Prabowo diketahui memenuhi undangan Megawati Soekarnoputri ke Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Agustus 2019 lalu. Namun, kala ditanya apakah Megawati akan balik diundang ke rakernas Gerindra, Dahnil belum bisa memberikan jawaban pasti. "Belum pasti ya," ujar Dahnil.

Sementara itu, Prabowo kini tengah disibukkan oleh pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat di kediamannya, baik di Hambalang maupun di Kertanegara, Jakarta Selatan. Prabowo juga menemui beberapa relawan yang sempat mendukungnya pada Pilpres 2019 lalu untuk berdiskusi atau sekadar menyampaikan pandangannya terkait situasi negara saat ini.

"Pak Prabowo menerima banyak tamu, dari berbagai kelompok rutin di Hambalang dan Kertanegara," pungkas Dahnil. "Termasuk relawan, berdiskusi situasi terkini."

Sebelumnya, Waketum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan mereka akan segera memutuskan sikap politik dalam rakernas tersebut. "Nah, untuk pembicaraan soal masuk atau tidak di kabinet, nah Partai Gerindra akan memutuskan dalam suatu rakernas, rakernas itu yang kemudian akan diselenggarakan dalam waktu dekat," ungkap Dasco.

Nantinya, keputusan apakah Gerindra akan bergabung dengan pemerintah juga akan tergantung pada sikap Jokowi soal konsep-konsep yang sudah mereka tawarkan. "Tetapi, lihat dulu tentang konsep yang kita tawarkan baru itu yang kemudian kita bahas di rakernas yang akan dijalankan mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi," pungkas Dasco.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts