Lewat Bisnis Kopi, Deva Mahenra Cetuskan Gerakan Sosial Peduli Papua
Instagram/devamahenra
Selebriti

Turut prihatin dengan kondisi di Papua membuat Deva Mahenra mencetuskan gerakan sosial untuk memberikan bantuan di sana melalui bisnis kopi yang ia dirikan.

WowKeren - Terjadi konflik di Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan di Kota Jayapura, Papua, yang dipicu kabar bohong tentang ucapan bernuansa rasis membuat Deva Mahenra turut khawatir. Kendati demikian, ia kini berencana akan mengulurkan bantuan dengan melakukan pembangunan penampungan air bersih di kawasan Asmat, Papua.

"Kami mengusahakan bisa membuat lebih dari satu penampungan air hujan,” ujar Deva Mahenra saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/10). “Satu saja bisa membantu sampai tiga kepala keluarga, bagaimana kalau lebih."

"Papua itu sebagian besar pegunungan, jadi secara akses itu susah dari satu daerah ke daerah lain. Saya orang Papua, tapi bahkan saya belum pernah ke sana (Asmat) karena aksesnya susah," tambah Deva. Kendati demikian, lewat bisnis kopi yang dikelolanya, lelaki 29 tahun ini bertekat untuk memberikan bantuan ke Papua.


"Ini pendekatannya emosional. Saya ingin memberikan sesuatu kembali untuk Papua," ungkap Deva. Tumbuh besar di Papua menjadi alasan yang kuat untuk Deva mengulurkan bantuannya ke sana.

“Oh kalau saya sih bukan ke Papua lagi karena memang saya sampai lulusan SMA di sana, keluarga juga masih di sana gitu,” papar Deva. “Jadi cuma itu dia, saya tidak seberuntung teman-teman dari wahana visi yang sudah sampai ke Asmat karena aksesnya itu memang sesusah itu, akses satu daerah ke daerah lain di Papua tuh cukup sulit. Jadi memang saya belum pernah ke sana.”

Lantaran bersifat donasi, Deva tak mematok target tertentu untuk aksinya ini. Aktor sekaligus presenter ini hanya berusaha mengumpulkan donasi sebanyak-banyaknya agar bisa lebih banyak membuat penampungan air di Papua. Kendati demikian, kemungkinan ia akan berangkat ke Papua pada awal tahun.

“Dan mungkin kita akan berangkat ke Papua di awal tahun depan ketika semua konstruksi semuanya sudah selesai,” tandas Deva. “Karena kita ingin mengumpulkan sebanyak-banyaknya kepedulian terhadap teman-teman yang ada di Papua.”

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait