Ini Alasan Sesungguhnya UGM Batalkan Ceramah Umum UAS
Nasional
UGM Tolak Ustaz Abdul Somad

Universitas Gadjah Mada diketahui membatalkan ceramah umum yang diisi oleh Ustadz Abdul Somad. Kabar ini pun mencuri perhatian publik. Ternyata, inilah alasan di balik batalnya kuliah umum ustaz tersebut.

WowKeren - Kabar dibatalkannya kuliah umum yang diisi oleh Ustaz Abdul Somad atau yang kerap disapa UAS oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) baru-baru ini menyorot perhatian publik. Berbagai opini pun muncul terkait alasan di balik batalnya UAS menghadiri kampus terkenal di Indonesia itu.

Mengonfirmasi kabar tersebut, Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas Gadjah Mada (UGM), Iva Aryani pun menjelaskan alasan di balik batalnya kuliah umum UAS. Ia mengatakan bahwa alasan pembatalan bukan karena menolak kehadiran UAS.

Iva kemudian bercerita mengenai kronologi pembatalan kuliah umum UAS itu. Pembatalan tersebut bermula saat Rektor UGM, Panut Mulyono, menerima surat undangan dari Takmir Masjid Kampus untuk menghadiri kuliah umum UAS. Pasalnya, kuliah umum tersebut memang diadakan oleh pengurus takmir, bukan pihak universitas.

Rektor UGM kemudian menyatakan bahwa dirinya tidak bisa menghadiri kuliah umum tersebut. Selain itu, ia menghendaki agar kuliah umum itu dibatalkan. Hal ini karena salah satu pembicara, yakni Prof Heddy Shri Ahimsa Putra mengundurkan diri. Padahal, konsep kuliah umum pada awalnya akan diisi oleh dua narasumber yakni Prof Heddy dan UAS.


"Lalu kemudian muncul beberapa pendapat di internal dan eksternal kampus. Lalu kemudian pimpinan Universitas mengambil kebijakan seperti itu," jelas Iva yang dilansir Detik pada Kamis (10/10) hari ini.

Iva kemudian menekankan bahwa pembatalan tersebut bukan karena UGM tak menerima kehadiran UAS. Pihak kampus juga tak mengkhawatirkan materi yang akan dipaparkan oleh sang penceramah yang terkenal di YouTube itu. Akan tetapi, pembatalan tersebut dikarenakan konsep acara sendiri.

"Sebenarnya bukan (karena) di pembicaranya (UAS), tapi lebih ke acaranya," tegas Iva. "Karena memang satu-dua pembicara, lalu Prof Heddy Ahimsa mengundurkan diri. Lalu kemudian ada beberapa hal ya yang menjadi kontroversi, pro-kontra di internal maupun eksternal berkaitan dengan pengunduran dirinya Prof Heddy dan lain sebagainya."

Konsep acara yang tidak sesuai dengan rencana awal karena adanya pengunduran diri Prof Heddy Shri Ahimsa Putra itu lah yang menjadi pertimbangan UGM untuk membatalkan kuliah umum itu. Keputusan UGM ini kemudian disampaikan kepada pengurus Takmir Masjid Kampus.

"Itu (pengunduran diri Prof Heddy) juga menjadi salah satu pertimbangan yang kemudian pimpinan Universitas mengambil kebijakan oke saat ini acara tanggal 12 (Oktober) itu sebaiknya dibatalkan dulu," jelas Iva.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts