Jalani Tes DNA, Najwa Shihab Kaget Gen Arab Di Tubuhnya Hanya 3,4 Persen
Instagram
Selebriti

Mengejutkan! Najwa Shihab ternyata hanya memiliki fragmen Arab sebesar 3 persen usai jalani tes DNA. Lantas gen dari mana yang paling dominan dari presenter ini?

WowKeren - Presenter Najwa Shihab mengaku telah menjalani tes DNA yang baru-baru ini populer di kalangan selebriti. Najwa mengungkapkan jika dirinya dibuat kaget dengan hasil tes DNA yang telah dilakukannya.

Selama ini, Najwa terkenal sebagai warga Indonesia yang memiliki keturunan Arab. Hal ini juga ditunjukkan melalui bentuk wajahnya yang memang kerap disebut-sebut mirip dengan keturunan Arab.

Namun siapa sangka, hasil tes DNA justru mengungkap jika Najwa hanya memiliki darah Arab sebesar 3,4 persen saja. Sementara hasil fragmen DNA dari putri cendekiawan Muslim Quraish Shihab menunjukkan jika dirinya berasal dari keturunan 10 leluhur yang berbeda.

"Yang mengejutkan (dari hasil tes DNA) bahwa bagian Arab-nya hanya 3 persen kan gitu, padahal dari dulu mengidentifikasikan diri kalau dianggap keturunan ya keturunan Arab," kata Najwa Shihab seperti dilansir dari Kompas pada Kamis (17/10). "Tapi sekarang keturunan apa ya, aduh banyak, keturunannya ada 10."


Hasil tes DNA telah menunjukkan jika wanita kelahiran 16 September 1977 ini merupakan keturunan dari empat benua. Najwa memiliki fragmen DNA dari nenek moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa.

Gen DNA terbesar yang dimiliki Najwa berasal dari South Asian sebesar 48,54 persen dan disusul dari North African sebesar 26,81 persen. Sementara itu sisanya berasal dari African 6,06 persen, East Asian 4,19 persen, African Dispersed 4,15 persen, Middle Eastern 3,48 persen, Southern European 2,20 persen, Northern European 1,91 persen, dan Asian Dispersed 1,43 persen.

Walau begitu, pembawa acara yang begitu tenar saat membawakan "Mata Najwa" ini mengaku tidak terkejut jika dirinya memiliki berbagai banyak gen di darahnya. Najwa lantas membagikan cerita jika moyangnya sendiri merupakan pedagang yang berasal dari berbagai benua.

"Karena saya tahu moyang saya berasal dari Hadramaut (Yaman) dan Habib Ali itu ayahnya kakeknya Abi (Quraish Shihab)," cerita Najwa. "Jadi saya garis keturunan keempat dari Hadramaut yang kebanyakan seorang pedagang, seorang pendakwah juga, jadi memang berkeliling."

"Dan kemudian membayangkan bahwa katanya di situ menjadi ada (DNA) Asia Selatan-nya, Afrika Utara-nya karena saya membayangkan pedagang jalur sutra," sambung ibu satu anak tersebut. "Jadi sepertinya bukan suatu hal yang mengejutkan."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait