Jokowi Temui Calon Menteri, Sebut Bakal Dilantik Besok Pagi
Nasional

Jokowi terus menggelar pertemuan dengan para calon menteri Kabinet Kerja 2019-2024 sejak Senin (21/10) kemarin. Pihak Istana menyebut mereka akan diperkenalkan sekaligus dilantik pada Rabu (23/10).

WowKeren - Presiden Joko Widodo tengah disibukkan dengan sejumlah pertemuan penting selama dua hari belakangan. Pasalnya sang presiden diketahui terus menggelar pertemuan tertutup dengan sosok-sosok yang hendak dipinangnya untuk bergabung dalam Kabinet Kerja Jilid II.

Terkait dengan kabinet kerjanya ini, dikabarkan para menteri yang akan membantu Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik pada Rabu (23/10) besok. Namun sebelum dilantik, para menteri akan terlebih dahulu diperkenalkan ke publik.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Menurutnya, para menteri akan diperkenalkan pada pukul 08.00 WIB. Dan dua jam setelahnya, mereka akan dilantik.

"Besok dilakukan perkenalan jam 08.00 WIB," ujar Heru, Selasa (22/10). "Dan dilanjutkan pelantikan jam 10.00 WIB."


Nantinya para calon menteri yang diperkenalkan akan mengenakan seragam tertentu. Yakni kemeja putih, seperti yang terpantau masuk ke Istana Negara pada Senin (21/10) lalu. "Kemeja (yang dipersiapkan) akan dipakai oleh calon menteri," kata Heru, dilansir dari laman Detik News.

Sejauh ini, Jokowi telah memanggil sejumlah nama ke Istana Negara. Mereka yang merapat dengan atasan putih dan kemeja hitam itu disebut-sebut akan membantu pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama lima tahun ke depan.

Beberapa nama yang disebutkan sudah cukup familiar di masyarakat serta telah diperkirakan sebelumnya. Seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, bos GoJek Nadiem Makarim, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Beberapa menteri yang mengabdi di Kabinet Kerja Jilid I pun terpantau ikut merapat ke Istana. Mulai dari Sri Mulyani Indrawati yang mengaku kembali ditunjuk menjadi Menteri Keuangan, Siti Nurbaya Bakar yang mengklaim akan kembali menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), serta Basuki Hadimuljono yang ditempatkan sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lagi.

Di sisi lain, dilansir dari Detik News, hingga Selasa (22/10) siang, sebanyak 65 persen dari kabinet sudah mulai tersusun. Tercatat sebanyak 12 orang dari kalangan profesional siap menjadi menteri, sedangkan 10 pos lainnya ditempati oleh perwakilan partai politik. Sebelumnya Jokowi telah menjanjikan menteri berlatar belakang profesional akan lebih banyak dibandingkan yang dari kalangan partai politik.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait