Paparazzi Cabut Tuntutan pada Justin Bieber Usai Kisruh Posting Foto Tanpa Izin
Getty Images/Gotham
Selebriti

Fotografer bernama Robert Barbera ini telah memberitahu pihak pengadilan bahwa dia membatalkan gugatannya terhadap Justin, berselang lima hari setelah ia mengajukan dokumen tuntutan.

WowKeren - Pekan lalu, seorang fotografer baru saja menuntut Justin Bieber lantaran memposting foto tanpa izin. Diketahui, suami Hailey Baldwin tersebut mengunggah foto hasil jepretan fotografer bernama Robert Barbera di akun Instagram tanpa menyertakan kredit. Padahal, pelantun "Love Yourself" tersebut mengunggah foto dirinya sendiri.

Namun kini, Justin rupanya telah mencapai kesepakatan dengan Barbera. Dilansir The Blast pada Selasa (22/10), sang fotografer telah memberitahu pihak pengadilan bahwa dia membatalkan gugatannya terhadap sang musisi, berselang lima hari setelah ia mengajukan dokumen tuntutan di pengadilan New York.

Sebelumnya, dalam dokumen pengadilan, Barbera menyatakan bahwa musisi asal Kanada tersebut telah melakukan tindak pelanggaran hak cipta lantaran mengunggah foto tanpa izin. Menurut dokumen pengadilan, Justin tidak melisensikan foto dari Robert Barbera untuk diunggah di Instagramnya, serta tidak memiliki izin atau persetujuan dari sang fotografer untuk memposting foto tersebut.

"Barbera adalah penulis Photograph dan selalu menjadi pemilik tunggal dari semua hak, kepemilikan, dan kepentingan dalam Photograph, termasuk hak cipta di dalamnya," bunyi dokumen tuntutan tersebut.


Foto yang dimaksud rupanya merupakan potret yang diunggah oleh Justin Bieber ke akun Instagram miliknya pada 13 Maret lalu. Dalam foto ini, musisi berusia 25 tahun ini tampak berada di dalam mobil bersama salah satu temannya, Rich Wilkerson.

Barbera juga menuntut Justin untuk menyerahkan keuntungan yang dihasilkan dengan menggunakan foto itu. Sang fotografer juga menginginkan agar musisi asal Kanada itu tidak menggunakan karyanya lagi dan meminta ganti rugi.

Di sisi lain, ini bukanlah kali pertama seorang selebriti mendapatkan tuntutan serupa. Sejumlah nama-nama besar lain yang juga pernah berurusan dengan paparazzi di antaranya adalah Gigi Hadid, Ariana Grande, hingga Khloe Kardashian.

Bahkan awal bulan ini, Jennifer Lopez juga dituntut ganti rugi sebesar USD 150 ribu atau setara dengan Rp2,1 miliar karena mem-posting fotonya bersama Alex Rodriguez di Instagram. Padahal foto tersebut telah diunggah dua tahun lalu, tepatnya pada Desember 2017.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait