Pengganti Idham Azis Tangani Kasus Novel Baswedan Bakal Ditunjuk Pekan Depan, 3 Kapolda Ini Calonnya
Nasional
Calon Kapolri Baru

Setidaknya ada 3 pati polisi yang disebut-sebut berpotensi menjadi Kabareskrim baru. Ketiganya saat ini berpangkat Inspektur Jenderal atau bintang dua, serta pernah menjabat sebagai Kapolda.

WowKeren - Hari ini, Jumat (1/11), Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Kapolri baru. Sesuai hasil uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR RI, yang dilanjutkan dengan pengesahan di Sidang Paripurna, adalah sosok Jenderal Pol Idham Azis yang menjadi pengganti [cTito Karnavian].

Otomatis kursi Kabareskrim Polri pun kosong usai ditinggalkan Idham. Padahal, diketahui Kabareskrim lah yang selama ini menjadi ujung tombak dalam penyelesaian kasus penyerangan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Sebagai pengingat, kasus Novel kini ditangani oleh tim teknis Polri yang dikepalai oleh Idham kala masih menjabat sebagai Kabareskrim. Namun hingga Idham berganti jabatan pun rupanya kasus itu tak jua terungkap.

Menanggapinya, pihak Polri pun menyatakan Idham bakal segera menunjuk Kabareskrim baru. Kemungkinan Kabareskrim baru ini akan diumumkan pekan depan.

Informasi ini disampaikan oleh Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Mohammad Iqbal. Penunjukan Kabareskrim baru, ujar Iqbal, merupakan hak prerogatif Kapolri dengan pertimbangan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

"Perkiraan saya penunjukan (Kabareskrim) yang baru itu minggu depan," kata Iqbal di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (1/11). "(Penunjukan Kabareskrim) adalah hak Pak Kapolri, lewat Wanjakti."


Menurut Iqbal, banyak calon perwira tinggi yang berpotensi menjadi Kabareskrim baru. Adalah perwira tinggi kepolisian dengan pangkat bintang dua (Irjen) atau bintang tiga (Komjen) yang berhak menempati posisi tersebut.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan pun ikut mengemukakan pendapatnya perihal calon Kabareskrim baru ini. Menurutnya setidaknya ada tiga nama perwira tinggi yang bisa menggantikan Idham. Siapa saja mereka?

Pengganti Idham Azis Tangani Kasus Novel Baswedan Bakal Ditunjuk Pekan Depan, 3 Kapolda Ini Calonnya

Berbagai Sumber

Yang pertama adalah Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Kadiv Propam Polri ini diketahui pernah menjadi ajudan Jokowi pada 2014 lalu. Sebelumnya Listyo pernah menjabat sebagai Kapolda Banten.

Yang kedua Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Sedangkan yang ketiga Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

"Saya kira salah satu dari tiga orang ini ada yang masuk. Jadi tunggu saja keputusan Kapolri siapa di antara mereka," ujar Edi, dilansir Merdeka. "Semuanya, apapun yang menjadi utang Polri, saya kira itu merupakan tugas utama daripada Kabareskrim Polri untuk mengungkap kasus ini."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts