Mahfud MD Sebut Rizieq Shihab Tak Pernah Lapor Dicekal: Gimana Kita Mau Bertindak?
Nasional
Kepulangan Habib Rizieq

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengusulkan agar Rizieq mengkomunikasikan masalahnya ke pemerintah Arab saudi terlebih dahulu.

WowKeren - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD memastikan bahwa pemerintah tak mencekal Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Dengan demikian, pemerintah pun tidak bisa berbuat banyak untuk kepulangan Rizieq sebab urusannya bukan dengan pemerintah RI.

"Ternyata memang tidak ada sama sekali pencekalan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia," kata Mahfud di Jakarta Pusat, Rabu (27/11). "Untuk itu kami tidak bisa berbuat apa-apa karena urusannya bukan dengan pemerintah Indonesia sebenarnya."

Jika memang benar Rizieq dicekal, maka seharusnya ia bisa menunjukkan bukti pencekalannya itu. Jika memang ada buktinya, maka pemerintah juga tak akan ragu untuk membantu Rizieq. Dikatakannya, baik Menkopolhukam maupun Menag dan Mendagri akan memprosesnya.

"Nah kalau memang ada bukti sekecil apapun bahwa itu dicekal oleh pemerintah Indonesia, ya diserahkan kepada Menteri Agama kepada Menko Polhukam atau Mendagri," lanjut Mahfud. "Nanti akan di prosesnya, akan diklarifikasi sejelasnya, kalau memang ada."


Mahfud menuturkan bahwa selama ini Rizieq tidak pernah melapor. Pemerintah selama ini hanya mengetahui isu pencekalan Rizieq melalui media sosial. Sehingga jika tidak ada laporan maka pemerintah pun juga tidak bisa menindaklanjutinya.

"Tapi sampai saat ini tidak ada dan Habib Rizieq sendiri tidak pernah melapor tentang masalahnya," tegas Mahfud. "Kita mendengarnya dari YouTube dari medsos, kalau tidak melapor bagaimana kita mau bertindak."

Sebab jika pemerintah bertindak tanpa adanya laporan terlebih dahulu, maka hal itu justru dianggap menyalahi aturan. Oleh sebab itu, ia menyarankan Rizieq untuk berkomunikasi dengan pemerintah Arab Saudi terlebih dahulu. Jika memang diperlukan intervensi pemerintah maka pemerintah akan membantu.

"Nah kalau ini tidak melapor lalu kita turun tangan nanti malah kita yang Salah. Oleh sebab itu kalau Habib Rizieq punya masalah dengan Arab Saudi ya monggo silakan," tutur Mahfud. "Nanti kalau memang secara formal diperlukan pemerintah turun tangan sesudah beliau kontak masalah di Arab Saudi tentu kewajiban kita untuk ikut turun tangan."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts