Sediakan Menu Sehat dan Lezat, Ini 7 Restoran Vegetarian di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi
Kuliner

Yogyakarta memiliki sejumlah restoran vegetarian yang menyediakan menu makanan sehat dan lezat. Karena itu, saat berkunjung ke Kota Pelajar ini jangan sampai lewatkan mencicipi berbagai makanan di 7 restoran vegetarian ini ya.

WowKeren - Sebagai daerah tujuan wisata, Yogyakarta memiliki banyak sekali pesona yang menarik, salah satunya adalah kuliner. Wisata kuliner di Yogyakarta sendiri telah berkembang dengan cukup pesat. Mulai dari menjamurnya pedagang kaki lima, angkringan, restoran tempo dulu hingga kafe kekinian yang banyak dikunjungi anak muda.

Selain itu, Yogyakarta juga memiliki sejumlah restoran yang menyajikan menu makanan sehat. Restoran-restoran ini utamanya ditujukan untuk para vegetarian. Dengan mengkombinasikan bahan organik dan resep rahasia, menu makanan yang disediakan restoran-restoran ini biasanya tak kalah lezat dengan sajian berbahan hewani.

Oleh karena itu, tak perlu bingung untuk mencari hidangan lezat dan sehat saat sedang berlibur di Kota Pelajar ini. Mau tahu restoran apa saja di Yogyakarta yang menyediakan menu sehat dan vegetarian? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Warung Bumi, Bumi Langit Institute, Restoran Vegetarian Yogyakarta yang Terjamin Kualitasnya


Warung Bumi, Bumi Langit Institute, Restoran Vegetarian Yogyakarta yang Terjamin Kualitasnya
Instagram/ bumilangit.official

Restoran vegetarian pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Warung Bumi yang merupakan bagian dari Bumi Langit Institute. Restoran ini sendiri terletak di Jalan Imogiri-Mangunan KM 3, Desa Giriloyo, Wukisari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Warung ini didesain layaknya rumah Joglo khas Jawa Tengah dan dikelilingi dengan pepohonan yang rindang. Dengan suasana seperti ini, dijamin kamu pasti bisa bersantai dan betah berlama-lama di sana.

Untuk menu yang dihidangkan, Warung Bumi menggunakan bahan-bahan pertanian organik yang terjamin kualitasnya. Apalagi Warung Bumi memiliki perkebunan dan peternakan organik yang digunakan sebagai sumber bahan baku sajian makanan mereka. Jadi saat berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk bersantap di restoran satu ini ya.

2. Milas, Restoran Vegetarian di Yogyakarta yang Miliki Konsep Unik


Milas, Restoran Vegetarian di Yogyakarta yang Miliki Konsep Unik
Instagram/milasvegetarian/milas.ind

Restoran vegetarian berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Yogyakarta adalah Milas Vegetarian Resto. Restoran ini memiliki konsep yang cukup unik. Begitu memasuki halaman depan, kamu akan disambut oleh pepohonan hijau yang rindang. Bangunannya sendiri terletak di tengah taman yang luas dan asri. Ada juga saung-saung bambu yang bisa digunakan sebagai tempat makan dan bersantai. Dengan demikian, kamu akan merasakan suasana yang nyaman, teduh dan adem.

Untuk makanannya sendiri, Milas Vegetarian Resto menyajikan makanan vegan yang terbuat dari bahan-bahan organik dan bebas dari MSG. Di antara menu andalan di restoran ini adalah steak tempe, burger jagung, sandwich tempe, jagung balado dan lain-lain. Harganya pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 25 ribuan per porsi. Menariknya lagi, restoran yang terletak di Jalan Prawirotaman ini juga memiliki Pasar Organik yang buka setiap Rabu dan Sabtu. Sesuai dengan namanya, pasar ini menjual berbagai hasil bumi dan makanan yang berasal dari pertanian organik.

3. Nikmati Makanan Vegetarian Lezat dengan Secangkir Kopi di Fortunate Coffee Yogyakarta


Nikmati Makanan Vegetarian Lezat dengan Secangkir Kopi di Fortunate Coffee Yogyakarta
Instagram/fortunatecoffeepik

Fortunate Coffee adalah kafe vegan yang memiliki sekitar 20 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya terletak di Yogyakarta, tepatnya di Jl. Jogonegaran No.49 E, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Seperti restoran-restoran sebelumnya, Fortunate Coffee juga menawarkan suasana nyaman yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama.

Menu yang ditawarkan sendiri terbilang cukup lengkap. Ada berbagai macam roti, mi, rice bowl pasta hingga pizza vegan. Tak hanya lezat, harga menu di kafe ini juga tergolong cukup terjangkau. Dengan mengeluarkan uang sekitar Rp 24 ribu, kalian sudah bisa menyantap seporsi makanan yang nikmat dan sehat.

4. Somayoga, Restoran Vegetarian di Yogyakarta yang Kental Akan Nuansa Jawa


Somayoga, Restoran Vegetarian di Yogyakarta yang Kental Akan Nuansa Jawa
Instagram/somayogavegan

Somayoga adalah restoran vegetarian berikutnya yang bisa kalian kunjungi saat berada di Yogyakarta. Restoran ini sendiri terletak di Jalan Kledokan Raya, Gang Garuni II Seturan Raya, Caturtunggal, Depok, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Restoran satu ini sangat kental dengan nuansa Jawa karena mengusung konsep tradisional Jawa dengan makanan yang sehat.

Di antara menu yang bisa kamu cicipi di restoran ini adalah Somayoga steak, nasi jamur penyet, paha stik, nasi kebuli vegan, burger vegan hingga bakso vegan. Ada juga aneka masakan Jawa seperti soto, rawon, bakso dan nasi campur yang disajikan dengan suwiran jamur sebagai pengganti daging. Harga menunya pun lumayan terjangkau, rata-rata masih di bawah Rp 30 ribu per porsinya. Selain itu, makan di restoran ini akan membuatmu tenang karena letaknya di tepi sawah dan bangunannya yang berupa rumah Joglo Jawa.

5. Penggemar Jamur Wajib Banget Datang ke Jejamuran, Restoran Vegetarian di Yogyakarta


Penggemar Jamur Wajib Banget Datang ke Jejamuran, Restoran Vegetarian di Yogyakarta
Instagram/jejamuran.id

Jejamuran adalah restoran vegetarian lainnya yang bisa banget kamu datangi saat berkunjung ke Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, restoran yang terletak di Jalan Pendowoharjo Niron ini menggunakan jamur di hampir setiap menunya. Seperti risoles jamur, lumpia jamur, jamur bakar, martabak jamur, sate jamur hingga rendang jamur.

Setiap porsi makanan di tempat ini rata-rata dijual sekitar Rp 15 - 20 ribu. Tapi jika kalian datang bersama keluarga atau ramai-ramai, kalian bisa memilih paket hemat yang harganya akan lebih terjangkau. Menariknya lagi, Jejamuran juga menyediakan pilihan oleh-oleh berupa keripik jamur yang bisa kamu beli untuk keluarga di rumah. Jadi, apa kamu tertarik untuk mengunjungi restoran satu ini?

6. Ingin Makan Makanan Sehat di Yogyakarta? Datangi Saja Loving Hut


Ingin Makan Makanan Sehat di Yogyakarta? Datangi Saja Loving Hut
Instagram/lovinghutjogja

Penggemar makanan vegetarian mungkin sudah tidak asing dengan Loving Hut. Ya, restoran ini sebenarnya merupakan gerai makanan sehat dari Taiwan yang memiliki beberapa cabang di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Mengusung konsep makanan vegan cepat saji, Loving Hut memiliki dua jenis sajian menu. Yakni menu prasmanan dan menu makanan yang harus kita pesan terlebih dulu. Beberapa hidangan akan disajikan di meja dan bisa kita ambil sesuai selera.

Menu yang ditawarkan pun tergolong sangat beragam. Seperti sate, nasi lemak, nasi goreng hingga tom yum. Semua menu itu dibuat dengan jamur atau kedelai yang diolah hingga tekstur dan cita rasanya menyerupai daging asli. Meskipun restoran ini menggunakan bahan organik dengan kualitas tinggi, harga menunya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 5 - 25 ribuan saja. Dan di Yogyakarta, Loving Hut memiliki dua cabang. Pertama di Jalan Moses Gatotkaca No. A18 dan yang kedua di Jalan Demangan Baru No. 16.

7. Ingin Pizza dan Pasta Tapi Sedang Diet? Makan Aja di Restoran Vegetarian Nanamia Pizzeria Yogyakarta


Ingin Pizza dan Pasta Tapi Sedang Diet? Makan Aja di Restoran Vegetarian Nanamia Pizzeria Yogyakarta
Instagram/nanamiapizzeria

Restoran vegetarian berikutnya yang wajib kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta adalah Nanamia Pizzeria. Restoran yang terletak di Jalan Tirtodipuran No.1 dan Jalan Mozes Gatotkaca B 9 - 17, Yogyakarta ini cocok untuk kamu yang ingin makan pasta dan pizza saat sedang diet.

Beberapa menu vegetarian yang disediakan adalah Bruschetta, Spaghetti Aglio e Olio, Fettucine al Pesto, Toscana Pizza, Mariazitta pizza, La Rucola Pizza, serta beragam jenis salad dan vegan pizza lainnya. Menu pasta yang dijual di restoran ini dihargai sekitar Rp 33 - 42 ribu. Sedangkan untuk pizza ukuran reguler dan large harganya berkisar antara Rp 53 - 73 ribu.

Demikian tujuh restoran vegetarian di Yogyakarta yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beragam kuliner super ekstrem di Yogyakarta. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner malam di Yogyakarta seperti ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel