Viral Habib Rizieq Bersumpah Ogah Dibantu Pemerintah RI Soal Pencekalannya
Nasional
Kepulangan Habib Rizieq

Diketahui Habib Rizieq Shihab hingga kini masih di Arab Saudi. Belakangan ia mengaku dicekal oleh otoritas setempat atas permintaan pemerintah Indonesia.

WowKeren - Sejak beberapa tahun lalu Habib Rizieq Shihab sudah bertolak ke Arab Saudi dan tak kunjung kembali hingga kini. Kepergian sang Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dari Tanah Air pun diikuti dengan protes para jemaahnya.

Amarah para jemaah Rizieq kian tak terbendung usai sang imam besar mengaku dicekal oleh otoritas Arab Saudi atas permintaan pemerintah Indonesia. Namun pernyataan Rizieq ini pun masih simpang siur mengingat pemerintah Indonesia membantah mengeluarkan surat pencekalan, juga pihak Rizieq yang tak bisa memberikan bukti konkret.

Kekinian justru Rizieq kembali "berulah", bersumpah tak akan meminta bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk mencabut pencekalannya. Pernyataan kontroversial ini ia sampaikan lewat sebuah video yang belakangan beredar viral di media sosial.

Dalam potongan video berdurasi 18 detik itu terekam Rizieq yang tengah membaca sebuah kertas di hadapannya. Lewat gestur dan nada tegasnya, Rizieq seolah menekankan bahwa dirinya benar-benar tidak akan meminta bantuan kepada pemerintah Indonesia.

"Demi Allah, saya bersumpah. Saya tidak akan meminta bantuan rezim zalim Indonesia," ujar Rizieq di video itu. "Apalagi mengemis kepada rezim zalim Indonesia untuk cabut cekal saya di Saudi Arabia."


Twitter/GunRomli

Salah satu yang mengunggah videonya di Twitter adalah politikus Partai Solidaritas Indonesia, Mohamad Guntur Romli alias Gun Romli. Ia pun meminta agar masyarakat menuruti sumpah sang habib yang enggan dibantu Indonesia.

Viral Habib Rizieq Bersumpah Ogah Dibantu Pemerintah RI Soal Pencekalannya

Twitter

Memang sebelumnya Rizieq sempat menyebut pemerintah Indonesia ilegal. Ketua Tim Bantuan Hukum FPI Sugito menjelaskan bahwa pernyataan Rizieq itu disampaikan dalam konteks Pemilihan Presiden lalu.

Belum dikonfirmasi perihal keaslian video maupun kapan video itu direkam. Kendati demikian, dikutip dari kolom komentar atas unggahan ini, kebanyakan warganet mendukung pernyataan Gun Romli.

"Kita hargai sumpahnya dgn mengikhlaskannya utk tdk pulang atau menetap dsana.." cuit @Ata*****14. "Ingat & Catat Rizieg Syihab telah bersumpah tidak akan melibatkan Pemerintahan Jokowi bila melanggar akan termakan Karmanya sendiri kita tunggu aja kelanjutannya Gusti Boten Sare," timpal @rud****nd.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts