Lama Dinanti, FPI Akui Habib Rizieq Bakal Pulang Pada 2020
Nasional
Kepulangan Habib Rizieq

Diketahui Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab hingga kini masih berada di Arab Saudi, dengan dalih dicekal oleh otoritas setempat atas permintaan RI. Kekinian FPI menyebut Rizieq akan kembali tahun depan.

WowKeren - Kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab masih menjadi bahan pembicaraan panas di Indonesia. Pasalnya Rizieq diketahui bertolak ke Arab Saudi pada beberapa tahun silam dan hingga kini tak kunjung kembali.

Beberapa waktu lalu masalah kepulangan Habib Rizieq ini pun sempat memanas. Pasalnya pihak Rizieq bersikeras tak bisa kembali ke Tanah Air lantaran dicekal oleh otoritas Arab Saudi atas permintaan pemerintah Indonesia.

Kini perihal kepulangan Rizieq kmebali dibicarakan. Pasalnya Sekretaris Umum FPI, Munarman, menyebut sang imam besar akan kembali ke Indonesia pada 2020 mendatang.

Namun demikian, Munarman mengaku belum bisa memastikan kapan waktu pasti kepulangan Rizieq. "Kalau kemungkinan pulang insya Allah (pada 2020), doain saja," kata Munarman di Jakarta, Selasa (31/12).


Lebih lanjut, demi kelancaran proses kepulangan Rizieq, Munarman berharap masyarakat Indonesia, terutama umat Muslim, untuk turut mendoakan. Munarman juga memastikan Rizieq dalam kondisi sehat di Arab Saudi.

"Kami minta doanya kepada masyarakat Indonesia, umat Islam supaya habib bisa dalam waktu dekat pulang. Doanya saja ya," kata Munarman, dilansir dari laman CNN Indonesia.

Sebelumnya, pihak Habib Rizieq tetap bersikeras bahwa dirinya dicekal atas perintah pemerintah Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Miftah Abegebriel, sudah memberikan bantahannya. Ia menegaskan, sebagai diplomat, dengan senang hati pihaknya akan membantu proses kepulangan Rizieq.

Namun demikian, Agus pun memberikan tiga syarat yang harus Rizieq penuhi terkait kepulangannya. Yang pertama, Rizieq harus bersikap kooperatif dengan perwakilan RI di Arab Saudi.

Yang kedua, Agus meminta Rizieq agar mencabut ucapannya soal Joko Widodo sebagai presiden ilegal. Sedangkan yang ketiga, Agus juga menyarankan agar Rizieq mencabut sumpahnya yang menyebut tak akan meminta bantuan kepada pemerintah.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts