Diklaim Tak Sengaja, Iran Ternyata Tembakkan 2 Rudal ke Pesawat Ukraina
Dunia

Iran mengaku tak sengaja menembakkan rudalnya ke pesawat Ukraina hingga menyebabkan ratusan nyawa di dalamnya melayang. Kekinian terungkap ada 2 rudal yang ternyata dilontarkan Iran.

WowKeren - Peristiwa jatuhnya pesawat Ukraina pekan lalu, hingga menewaskan ratusan penumpang di dalamnya, mulai menemui titik terang. Jatuh tak jauh dari Teheran, pesawat itu disebut-sebut meledak sebagai akibat dari tembakan militer Iran.

Video yang menunjukkan detik-detik meledaknya pesawat itu pun beredar luas. Menyedihkannya, ternyata bukan hanya satu rudal yang diarahkan oleh militer Iran ke pesawat itu, melainkan dua buah. Kedua rudal itu ditembakkan dengan selisih waktu 30 detik.

Media New York Times mengaku telah memverifikasi rekaman tersebut. Dari rekaman itu pula terlihat dua rudal diluncurkan dari sebuah lokasi militer Iran yang hanya berjarak delapan mil dari pesawat.

Lewat video ini pula terlihat rudal pertama yang bertanggung jawab menyebabkan transponder pesawat mati. Selang 30 detik kemudian rudal kedua meluncur dan mengenai pesawat sipil tersebut.


Dalam video ini juga terlihat bagaimana pesawat itu mencoba untuk menyelamatkan diri. Pasalnya usai terkena tembakan pertama, pesawat terbakar dan berputar balik menuju bandara. Namun beberapa menit kemudian pesawat itu meledak dan jatuh.

Di sisi lain, Iran sudah berkomitmen akan menangkap seluruh pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Yang terbaru, aparat penegak hukum negara Timur Tengah itu dilaporkan telah menangkap 30 tentara yang diduga terlibat dalam tragedi tersebut.

"Penyelidikan menyeluruh tengah dilakukan dan sejumlah orang sudah ditangkap terkait proses tersebut," kata juru bicara aparat penegak hukum Iran, Gholamhossein Esmaili, seperti dilansir dari CNN, Rabu (15/1). "Serangkaian investigasi sudah dilakukan. Saran-saran sudah diberikan sejauh ini untuk mencari kebenaran."

Sementara itu, negara-negara yang menjadi "korban" dalam peristiwa ini pun ikut menyuarakan pendapat mereka. Seperti Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengaku sangat menyayangkan peristiwa yang turut menewaskan 57 warganya.

Oleh karena itu, Trudeau mendesak agar Iran membeberkan hasil investigasi lengkap mereka. Tak hanya itu, Trudeau juga menyalahkan konflik yang terjadi antara Amerika Serikat dan Iran sebagai pemicu kejadian menyedihkan tersebut.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait