Alasan Penggemar Mati-Matian Bela Chen EXO Meski Ditinggal Nikah
Selebriti

Meskipun aksi protes menjadi berita utama, banyak penggemar ingin Chen tetap berada di EXO. Beberapa penggemar menjelaskan alasan mereka mati-matian mendukung Chen.

WowKeren - Berita pernikahan Chen membuat fandom EXO terpecah belah. Ada penggemar yang mendukung keputusan Chen untuk menikah dengan kekasihnya yang telah hamil. Sejumlah EXO-L Korea mendesak SM segera mengeluarkan Chen dari grup.

Sejumlah EXO-L, sebutan untuk penggemar EXO, melakukan aksi demonstrasi di kawasan Gangnam pada Minggu (19/1) sore. Mereka menuntut Chen meninggalkan grup menyusul berita pernikahannya.

Meskipun aksi protes menjadi berita utama, banyak penggemar ingin Chen tetap berada di EXO. Begitu juga SM Entertainment yang tetap memilih untuk mendukung pemilik nama Kim Jongdae itu setelah mengumumkan pertunangannya.

Di antara pendukung Chen adalah EXO-L OT9 Global Union, sebuah grup di Twitter yang mewakili penggemar pro-Chen di seluruh dunia. Dalam sebuah pernyataan, grup mengatakan pendapat Chen harus dihormati dan bahwa ia adalah manusia sebelum menjadi idol.


Maeng, penggemar wanita berusia 21 tahun yang memimpin kelompok pro-Chen, mengatakan bahwa permintaan sejumlah orang agar Chen hengkang adalah situasi yang sangat disayangkan.

"Aku merasa sedih karena fandom yang sama yang pernah mendukung dan mencintai EXO bersama telah dibagi. Dan aku mengerti perasaan mereka yang merasa dikhianati tidak hanya didasarkan pada khayalan bahwa mereka jatuh cinta dengan Chen," kata Maeng.

"Tapi jika kalian memikirkannya, tidak benar untuk melihat kehamilan pra nikah digunakan sebagai label negatif. Juga tidak etis menggunakan pernikahan dan kehidupan asmara seorang artis untuk menyerang mereka. Aku ingin melihat pola pikir ini diubah jadi bukan hanya EXO tapi privasi artis lain dihormati," lanjutnya.

Ana, penggemar EXO dari Prancis, juga percaya mendukung Chen adalah langkah yang baik untuk K-Pop, mengingat cara masalah kesehatan mental muncul sebagai masalah utama di industri dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, jika pernikahan Chen berlanjut dan para penggemar bereaksi dengan baik, itu akan membuktikan bahwa orang-orang peduli dengan artis di balik imej dan persona panggung.

Stephanie Choi, calon Ph.D etnomusikologi di University of California, Santa Barbara, melihat pengumuman Chen dan reaksi penggemar sebagai momen penting bagi fandom K-Pop secara umum. "Chen adalah salah satu idol K-Pop pertama yang menjadi seorang suami dan ayah, dan dengan demikian ini adalah momen penting untuk mendefinisikan kembali jenis kedekatan yang ingin dikembangkan oleh para idol dan penggemar di masa depan," tuturnya.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru