Jangan Buru-buru Minum Obat, 7 Minuman Ini Ampuh Banget Redakan Flu Kalian!
Health

Flu bisa diatasi juga dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman alami yang tepat. Beberapa jenis minuman alami memiliki kandungan zat dan gizi tertentu yang mengatasi flu.

WowKeren - Flu merupakan penyakit yang dianggap ringan, namun membuat tubuh menjadi lemas jika tidak segera ditangani. Biasanya, mengonsumsi obat dan berisitirahat cukup menjadi cara yang paling banyak dipilih untuk mengatasi flu.

Namun flu bisa diatasi juga dengan mengonsumsi beberapa jenis minuman alami yang tepat. Beberapa jenis minuman alami memiliki kandungan zat dan gizi tertentu yang memiliki sifat meredakan gejala, bahkan mengatasi flu.

Minuman-minuman ini tidak hanya mudah dibuat namun juga sangat cocok dikonsumsi dalam suhu hangat agar kondisi tubuh menjadi rileks dan merasa lebih nyaman. Penasaran apa saja jenis minuman alami yang ampuh mengatasi flu? Berikut tim WowKeren rangkum 7 minuman pereda flu. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Wedang Jahe Hangat Cocok Banget Meredakan Flu Yang Membandel


Wedang Jahe Hangat Cocok Banget Meredakan Flu Yang Membandel

Salah satu jenis rempah yang disebut mampu memberikan manfaat yang bisa melawan virus penyebab flu adalah jahe. Jahe terkenal memiliki kandungan zat dan fitonutrien yang baik untuk tubuh dan berperan sebagai anti inflamasi, sehingga gejala dan kondisi flu bisa segera teratasi.

Kalian bisa menghaluskan jahe, memotong jahe segar, atau membuat minuman jahe dari jahe bubuk alami. Kalian juga bisa menambahkan madu dalam minuman jahe agar bisa jadi pilihan yang super sehat dan hangat.

2. Kunyit Asam Yang Asam Manis Sangat Segar Diminum Saat Flu


Kunyit Asam Yang Asam Manis Sangat Segar Diminum Saat Flu

Neka Pasquale, seorang ahli gizi bersertifikat asal Tiongkok, mengungkapkan bahwa kunyit memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan antioksidan yang dapat digunakan sebagai obat flu alami, seperti dilansir dari Men's Journal.

Lebih menarik lagi, kunyit asam baik untuk kesehatan pencernaan, melancarkan haid dan meningkatkan daya tahan tubuh. Minuman ini juga sebagai salah satu nutrisi diet sehat. Tambahkan gula merah atau batu untuk dapatkan rasa yang manis.

3. Saat Flu Menyerang, Coba Redakan Dengan Minum Air Madu hangat


Saat Flu Menyerang, Coba Redakan Dengan Minum Air Madu hangat

Seduh dua atau tiga sendok madu dengan air hangat sebagai ramuan penyegar badan. Dilansir jurnal Pediatrics tahun 2012, kandungan antimikroba pada madu efektif mencegah gejala flu. Terutama pada orang dengan usia muda di atas 1 tahun.

Agar lebih nikmat, kalian bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau batang kayu manis. Dua bahan ini juga berfungsi sebagai penambah nutrisi pada seduhan madu hangat. Hal ini karena kandungan antioksidan dan zat fitonutriennya yang cukup lengkap.

4. Teh mint Hangat Dapat Melegakan Tenggorokan Saat Kalian Mengalami Flu


Teh mint Hangat Dapat Melegakan Tenggorokan Saat Kalian Mengalami Flu

Teh mint punya aroma menthol nan segar yang bisa membantu membuka saluran nafas akibat flu. Mint juga punya sifat antibakteri yang berfungsi menghalangi bakteri masuk ke saluran pernafasan.

Tak hanya itu, berdasarkan penelitian tahun 2016 dari jurnal Springer Berlin Heidelberg, aroma menthol pada mint juga berfungsi mengendurkan otot yang tegang penyebab sakit kepala. Caranya, cukup seduh beberapa helai daun mint dengan air panas, maka badan pun akan terasa lebih rileks dan bugar.

5. Teh Jeruk Jahe Hangat Yang Biasa Disebut Moxie Tea Ini Juga Manjur Atasi Flu


Teh Jeruk Jahe Hangat Yang Biasa Disebut Moxie Tea Ini Juga Manjur Atasi Flu

Moxie tea adalah salah satu jenis teh herbal yang menyehatkan dan menghangatkan. Minuman ini mengandung vitamin C tinggi karena tambahan irisan lemon di dalamnya. Meski namanya teh, namun minuman ini sama sekali tak mengandung teh di dalamnya. Warna dari madu di dalamnya membuat minuman tersebut berwarna mirip teh.

Cara membuatnya juga mudah. Rebus air dalam wadah dan didihkan. Ambil gelas, tambahkan jahe parut, madu, kunyit, dan cabai bubuk ke dalamnya. Setelah air mendidih, tuangkan air ke dalamnya. Aduk rata sampai madu larut dan sajikan segera selagi hangat.

6. Teh Kayu Manis Yang Beraroma Khas Ini Bakal Redakan Flu Yang Menimpa Kalian


Teh Kayu Manis Yang Beraroma Khas Ini Bakal Redakan Flu Yang Menimpa Kalian

Kayu manis mengandung antioksidan, nutrisi dan vitamin yang tak mencegah flu tetapi juga mengobatinya. Kayu manis juga dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah sehingga badan terasa lebih hangat, dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di cuaca yang sedang tidak menentu ini.

Satu sendok makan bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat dapat menyegarkan kondisi tubuh, sekaligus mengurangi rasa dingin. Rempah yang memiliki aroma khas ini juga dapat dicampur dengan jahe untuk mengatasi masuk angin.

7. Chai latte, Minuman Khas India Yang Mudah Dibuat Untuk Redakan Flu


Chai latte, Minuman Khas India Yang Mudah Dibuat Untuk Redakan Flu

Chai adalah teh rempah-rempah yang lumrah dijumpai di India. Selain punya rasa dan aroma khas dan membuat badan lebih hangat, teh ini diyakini punya manfaat untuk mengusir beberapa penyakit.

Kandungan rempah-rempah yang bersifat anti-inflamasi akan membuat flu mereda. Apalagi, teh hitam yang biasa digunakan sebagai bahan utama chai latte punya antioksidan tinggi yang berfungsi meningkatkan imunitas.

Selain itu intip juga yuk beberapa makanan hangat yang cocok banget dikonsumsi saat hujan di sini. Simak juga jenis-jenis wedang khas nusantara yang enggak kalah nikmat dikonsumsi saat flu di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru