Ma'ruf Amin: Banyak Yang Dipanggil Ulama dan Ustaz Tapi Tak Pernah Mondok
Nasional

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi Tanara 2, di Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (27/2).

WowKeren - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berbicara mengenai pentingnya pondok pesantren dalam menyiapkan golongan alim ulama. Para ulama ini tak hanya harus cukup tahu namun juga memahami betul ajaran yang disampaikan dalam Islam.

Hal itu disampaikan Ma'ruf saat memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi Tanara 2, di Kota Pangkal Pinang, Bangka Belitung, Kamis (27/2). Ponpes amat penting dalam mencetak tokoh-tokoh yang bisa menghadirkan perbaikan.

"Saya menganggap penting pembangunan ponpes," ujar Ma'ruf. "Karena ponpes pada hakikatnya menyiapkan orang-orang yang memahami agama dan tokoh-tokoh perbaikan dan perubahan."

Sebab menurutnya, perbaikan harus berlangsung secara terus-menerus. Di sinilah peran pondok pesantren untuk menyiapkan orang-orang yang akan menghadirkan perubahan.


"Ponpes itu menyiapkan orang yang paham agama sekaligus mereka juga menjadi tokoh perubahan menuju perbaikan," jelas Ma'ruf. "Perbaikan itu tak pernah berhenti dan tak boleh berhenti, sifatnya perbaikan yang terus-menerus."

Ma'ruf menilai bahwa ponpes adalah tempat yang penting untuk membenahi ajaran agama untuk masyarakat. Sebab menurutnya saat ini, banyak orang yang disebut ustaz padahal sejatinya tidak pernah mengenyam pendidikan di pesantren.

Tak ayal, hal ini menjadi penyebab seringnya timbul salah tafsir hingga salah bacaan yang disampaikan oleh para alim ulama. Tak sedikit orang yang dipanggil kiai namun tidak memiliki basis keagamaan.

"Ada ulama, ustaz tapi tak pernah mondok," tegas Ma'ruf. "Ini nanti bacaannya ada yang salah, sekarang ini banyak yang di-kiai-kan diustazkan sebenarnya tak punya basis keagamaan."

Pembangunan pondok pesantren berkualitas diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya terkait pembekalan ilmu agama. "Karena itu ini investasi besar dan sejalan dengan program pemerintah. Mudah-mudahan dari ponpes ini kita berharap akan lahir nawawi nawawi baru," tutupnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru