Cegah Virus Corona, Najwa Shihab Ungkap Manfaat Masker Kain yang Tak Kalah dengan N95
Instagram/najwashihab
Selebriti

Sebagai upaya antisipasi virus corona, banyak masyarakat akhirnya menggunakan N95 atau masker bedah. Najwa Shihab pun menjelaskan bahwa masker kain juga dapat mencegah virus Covid-19.

WowKeren - Pandemi virus corona berhasil menjadi sorotan karena telah menyerang banyak negara di seluruh penjuru dunia. Wabah ini juga masih belum dapat ditangani dengan baik, sehingga membuat banyak orang beramai-ramai saling membantu untuk mencegah penyebaran virus corona. Salah satu cara mencegah virus tersebut adalah dengan menggunakan masker.

Tidak sedikit orang yang salah persepsi dalam membeli masker, sehingga membuat para tenaga medis kesulitan untuk mendapatkan barang tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang membeli masker N95 dibandingkan dengan masker kain.

Melihat kondisi tersebut, Najwa Shihab memberikan komentar bahwa masker kain memang tidak seefektif seperti masker N95 atau masker bedah. Namun bukan berarti masker tersebut tidak bisa dipakai. Najwa kemudian membagikan postingan bahwa masker kain juga bisa membantu mencegah virus corona dengan beberapa syarat.


"Masker kain memang efektivitasnya tidak sama dengan N95 atau masker bedah. Namun masker kain tetap dapat membantu mengurangi risiko penularan virus corona. Apakah (masker kain) dapat membantu pencegahan virus corona? Dapat, dengan syarat, ketika tidak bisa #dirumahaja dan harus keluar rumah: 1. Memakai masker; 2. Wajib menjaga jarak minimal 1 m; 3. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tulis Najwa pada Rabu (1/3).

"Bagaimana cara membersihkan masker kain? Sama seperti membersihkan baju. Dicuci setiap hari dengan air dan sabun, tidak perlu dengan cairan disinfektan. Jangan lupa, ketika harus keluar rumah, selain memakai masker kain, kita tetap harus selalu menjaga jarak minimal 1 m serta sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tutup Najwa.

Unggahan tersebut tentu berhasil memancing komentar para netizen. Banyak dari mereka telah mengerti manfaat dari masker kain tersebut. Bahkan salah satu netter yang kreatif menggunakan kain perca untuk dijadikan sebuah masker.

"Aku bikin masker sendiri dari kain perca buat sekeluarga.. Dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.. Karena masker bedah ato masker N95 lebih berguna buat petugas medis.. Kasihan petugas medis yg kekurangan APD karena masyarakat yg terlalu rakus untuk kepentingan pribadi," kata salah satu netter. "Terimakasih mbak info ya jarang tak cuci karena jarang juga kepakai masih wangi lembut & bersih," tambah netter lain.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait