Tiongkok Laporkan Tak Ada Korban Jiwa Corona Baru Untuk Pertama Kalinya Sejak Januari
Reuters
Dunia

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan 32 kasus corona (Covid-19) baru pada Selasa (7/4) hari ini. 32 corona baru tersebut semuanya merupakan pasien yang baru datang dari luar negeri.

WowKeren - Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan 32 kasus corona (Covid-19) baru pada Selasa (7/4) hari ini. Namun untuk pertama kalinya sejak Januari 2020, tidak ada kasus kematian Covid-19 baru yang dilaporkan di Tiongkok.

32 corona baru tersebut semuanya merupakan pasien yang baru datang dari luar negeri. Selain itu, Tiongkok juga melaporkan adanya 30 kasus corona asymptomatic baru alias tanpa gejala. Dengan demikian, total pasien yang positif terjangkit corona di Tiongkok telah mencapai 81.740 orang. Sedangkan total korban jiwa Covid-19 di Negeri Tirai Bambu kini mencapai 3.331 orang.

Di tengah meningkatnya kasus corona impor dan tanpa gejala, Tiongkok Daratan dan Hong Kong pun memperketat pembatasan kedatangan dari luar negeri. Pada Senin (6/4), pemerintah Tiongkok mengaku akan meningkatkan langkah-langkah di perbatasan darat lantaran jumlah kasus yang terdeteksi di sana melebihi yang tercatat di bandara. Selain itu, pemerintah Tiongkok juga mengumumkan akan memperpanjang larangan untuk orang asing yang masuk atau transit.


Sementara itu, Hong Kong yang sebelumnya dinilai telah berhasil menangani epidemi corona kini melaporkan lebih dari dua kali lipat kasus baru dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini mendorong Hong Kong untuk menerapkan langkah-langkah baru yang ketat terhadap warganya.

Chief Executive Hong Kong, Carrie Lam, menyebut adanya pertumbuhan kasus baru sebanyak 2 digit setiap harinya. Sebagian besar kasus corona baru tersebut adalah penduduk Hong Kong yang baru saja kembali dari luar negeri.

Pihak otoritas Tiongkok sendiri baru-baru ini memang berfokus kepada kasus corona tanpa gejala. Sebelumnya, kasus corona tanpa gejala ini tidak termasuk dalam penghitungan infeksi yang dikonfirmasi, meskipun dokter penyakit menular yang berbasis di Shanghai, Zhang Wenhong, memperkirakan persentase kasus tanpa gejala mencapai 18 persen hingga 31 persen. Kasus tanpa gejala ini baru dimasukkan ke dalam kriteria untuk tempat tinggal yang "bebas epidemi" sejak Sabtu (4/4) pekan lalu.

Sebelumnya, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan peningkatan kasus corona tanpa gejala. Terdapat 78 kasus corona tanpa gejala baru yang diidentifikasi hingga Minggu (5/4) kemarin. Angka ini mengalami peningkatan dari Sabtu (4/4) yang hanya 47.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru