Obama Dukung Biden Kalahkan Trump di Pilpres AS, Sebut Partai Republik Cuma Tertarik pada Kekuasaan
Getty Images
Dunia

Dukungan ini tentunya juga menandakan kembalinya Obama di kancah perpolitikan menjelang pilpres AS 2020, setelah tiga tahun lebih tidak menjabat sebagai Presiden.

WowKeren - Dukungan yang diberikan untuk Joe Biden di pilpres AS 2020 rupanya tak hanya datang dari senator Bernie Sanders. Pasalnya mantan Presiden AS, Barack Obama, juga memberikan dukungan penuh pada Biden untuk mengalahkan Donald Trump.

Belum lama ini, Obama menyatakan dukungannya terhadap Joe Biden secara langsung. Suara dari Obama ini tentunya akan menaikkan dukungan dari partai maupun para simpatisan menjelang pemilihan Presiden mendatang.

"Joe (Biden) mempunyai sikap dan pengalaman yang bisa memandu kita keluar dari masa kegelapan, dan menyembuhkan luka melalui jalan yang panjang. Dan saya tahu dia dikelilingi oleh orang-orang baik," tutur Obama dalam sebuah rekaman video yang dikutip dari The Guardian.


Dukungan ini tentunya juga menandakan kembalinya Obama di kancah perpolitikan menjelang pilpres, setelah tiga tahun lebih tidak menjabat sebagai Presiden. Obama juga menyinggung soal perbedaan pandangan politik di tubuh Partai Demokrat menjelang pemilihan Presiden.

Selain itu, Obama juga menyampaikan sanjungan kepada politikus Partai Demokrat, Bernie Sanders, yang juga sempat bersaing dengan Biden dalam konvensi bakal calon Presiden. Bernie Sanders diketahui memutuskan mundur dari konvensi pada pekan lalu dan menyatakan mendukung Biden untuk mengalahkan Trump pada Senin kemarin.

Obama berharap sejumlah faksi di tubuh Partai Demokrat tidak menonjolkan perbedaan untuk bisa mengalahkan Partai Republik dan calon petahana, Donald Trump. "Kaum Republik yang menguasai Gedung Putih dan Senat AS tidak tertarik dengan kemajuan. Mereka lebih tertarik dengan kekuasaan," ujar Obama.

Selama konvensi bakal capres Partai Demokrat berlangsung, Obama tidak terlibat secara langsung. Namun, kini dia menyatakan bersedia untuk lebih aktif dalam kampanye. Obama juga diperkirakan akan menjadi tokoh politik yang memimpin penggalangan dana untuk Biden di sejumlah negara bagian yang memiliki potensi suara besar.

Sebagai informasi tambahan, Joe Biden merupakan wakil presiden AS pada 2009 hingga 2017 semasa pemerintahan Barack Obama. Kini Biden menjadi kandidat terkuat dari Demokrat usai Sanders memutuskan menunda kampanye presidensialnya.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts