Intelijen AS Klaim Kondisi Kim Jong Un Kritis Usai Operasi, Partai Komunis Tiongkok Ikut Buka Suara
Getty Images
Dunia

Pemimpin Korea Utara tersebut terakhir kali muncul di depan publik pada 11 April. Bahkan Kim Jong Un melewatkan perayaan ulang tahun sang kakek, Kim Il-Sung pada 15 April lalu.

WowKeren - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dikabarkan sedang dalam kondisi kritis usai menjalani operasi. Sebelumnya, Kim Jong Un dilaporkan berada dalam perawatan medis setelah mengalami gangguan kardiovaskular atau sakit jantung pada awal bulan ini. Kabar itu didapat oleh pihak intelijen Amerika Serikat yang mengetahui langsung terkait informasi tersebut.

Baru-baru ini, Kim Jong Un memang melewatkan perayaan ulang tahun sang kakek, Kim Il-Sung pada 15 April lalu. Hal itu menimbulkan spekulasi terkait kondisinya. Sebab, perayaan hari jadi mendiang sang kakek, pendiri negara, merupakan salah satu hari libur nasional paling penting di Korea Utara.

"Ada sejumlah rumor terbaru tentang kesehatan Kim Jong Un (soal kebiasaan merokok, jantung, dan otak). Jika Kim Jong Un dirawat di rumah sakit, itu akan menjelaskan mengapa ia tidak hadir pada perayaan 15 April lalu yang penting itu," ucap Bruce Klingner, peneliti senior Heritage Foundation dan juga mantan kepala divisi CIA untuk Korea Utara.

"Tetapi selama bertahun-tahun, sejumlah rumor bohong soal kesehatan Kim Jong Un dan ayahnya sering muncul. Jadi kita harus menunggu dan melihat kebenarannya," kata Klingner menambahkan.

Terkait rumor ini, rupanya Partai Komunis Tiongkok turut berkomentar. Mereka dengan tegas membantah laporan intelijen Amerika Serikat soal kondisi terkini Pemimpin Korea Utara tersebut.


"Pemimpin Korut Kim Jong Un diyakini tidak menderita sakit kritis," ucap pejabat Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis Tiongkok, seperti dikutip dari Reuters.

Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis merupakan badan utama di Tiongkok yang mengurusi hubungan dengan Korea Utara. Seperti yang diketahui, Tiongkok dan Korut tidak cuma dikenal bertetangga, namun juga menjalin hubungan erat.

Sementara itu, Daily NK yang mengutip sumber-sumber internal melaporkan, Kim sedang beristirahat dan menjalani pemulihan di sebuah vila di daerah resor Gunung Kumgang, Hyangsan. Dia sebelumnya telah menjalani operasi kardiovaskular pada 12 April di sebuah rumah sakit.

Menurut Daily NK, kesehatan Kim telah menurun dalam beberapa bulan terakhir. Kim dikenal sebagai perokok berat, dan mengalami obesitas. Selain itu, dia terlalu banyak bekerja sehingga kurang istirahat.

"Setahu saya adalah bahwa dia telah berjuang (dengan masalah kardiovaskular) sejak Agustus lalu tetapi memburuk setelah kunjungan berulang ke Gunung Paektu," kata salah satu sumber.

Kim dilarikan ke rumah sakit setelah memimpin pertemuan politbiro Partai Buruh yang berkuasa pada 11 April. Itu adalah terakhir kali Kim muncul di depan publik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru