Kiribati Belum Laporkan Satu Pun Kasus Corona, Ini Rahasianya
AP
Dunia
Pandemi Virus Corona

Kiribati sendiri dikornfirmasi menjadi salah satu dari 13 negara dan teritori di seluruh dunia yang masih belum melaporkan adanya satu pun kasus infeksi virus corona (COVID-19).

WowKeren - Hingga saat ini, Kiribati belum melaporkan satu pun kasus virus corona (COVID-19) di negaranya. Negara bekas koloni Inggris itu menjadi satu dari 13 negara dan teritori di seluruh dunia yang masih belum melaporkan adanya kasus COVID-19.

Terkait hal tersebut, warga Kiribati rupanya membeberkan rahasia kenapa negara mereka masih bebas virus. Rupanya, mereka menyebut kelapa adalah salah satu resep turun temurun yang mereka gunakan untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan, sehingga tidak mudah terinfeksi.


Dilaporkan The Star via Daily Mirror pada Selasa (12/5), negara yang mendapat kemerdekaan pada 1979 mempunyai pohon kelapa di seluruh wilayah. Warga setempat meyakini kunci sukses mereka masih belum mendapat kasus virus corona adalah karena kelapa tersebut, atau yang mereka sebut dengan istilah moimoto.

"Kami menggunakan moimoto untuk bertahan melawan penyakit itu. Kaya akan vitamin A dan C," kata Rooti Tianaira, guru di Tarawa, Kiribati. Menurut Tianaira, sejak zaman dulu leluhur mereka sering mengonsumsi moimoto diparut dan buah asli lainnya yang bernama noni.

Noni itu dikenal tidak hanya karena rasanya yang menyengat. Namun juga berkhasiat dalam memberikan perlindungan bagi tubuh. Tianaira mengatakan, mereka mengonsumsi buah tersebut baik saat sarapan, atau diolah menjadi minuman todak asam, atau kelapa yang difermentasi.

"Jadi, buah lokal ini digunakan sebagai obat, untuk menaikkan kekebalan tubuh. Karena itu mereka kuat tanpa pernah sakit," klaimnya menambahkan.

Kendati demikian, seorang jurnalis setempat bernama Rimon Rimon justru tak percaya bahwa kelapa adalah kunci Kiribati bebas corona. Rimon menerangkan, kemampuan moimoto itu adalah satu dari sekian "rumor konyol" dari negara tersebut.

"Kabar itu menjadi isu utama di sini. Karena baru belakangan ini orang mendapat akses ke internet, jadi mereka dibombardir dengan informasi," ujar dia. Berdasar pengamatan Rimon, masyarakat masih tidak bisa membedakan mana kabar hoaks. Jadi, mereka menyebarkan apa yang menurut mereka benar.

Namun terlepas dari hal tersebut, Kiribati sendiri menjadi salah satu negara di dunia yang dikonfirmasi belum memiliki satu pun kasus corona. Bergabung dengan beberapa negara "aman" lainnya seperti Korea Utara, Lesotho, Turkmenistan, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Palau, Nauru, Kepulauan Solomon, Samoa, dan Tuvalu.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts