Berdamai Dengan Corona, Jokowi Izinkan Rumah Makan Dibuka Lagi Asal Penuhi Syarat Ini
Reuters
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Presiden Jokowi berencana untuk membuka kembali sektor usaha rumah makan apabila pandemi corona mulai mereda. Dibukanya sektor usaha tersebut tetap harus memenuhi protokol COVID-19.

WowKeren - Presiden Joko Widodo sempat meminta agar masyarakat bisa hidup berdampingan dengan corona (COVID-19). Pasalnya, hingga saat ini vaksin untuk virus mematikan tersebut belum ditemukan dan kemungkinan besar virus tersebut tak akan berhenti menyebar.

Selain itu, Jokowi juga berharap masyarakat tetap produktif dan menjaga diri agar terhindar dari COVID-19. Ia juga menyebutkan sejumlah sektor usaha yang bisa kembali beroperasi bila kondisi pandemi sudah mulai mereda. Seperti bisnis rumah makan.


"Iya tentu saja nanti kalau sudah diputuskan, sektor-sektor usaha yang tutup dapat berangsur-angsur dibuka kembali," ujar Jokowi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/5). "Tentu dengan cara-cara yang aman dari COVID-19 agar tidak menimbulkan risiko meledaknya wabah. Saya ambil contoh misalnya rumah makan isinya hanya 50 persen, jarak antarkursi dan meja diperlonggar."

Namun, terkait kapan tahapan masyarakat bisa aman beraktivitas dari COVID-19, Jokowi mengatakan akan terus melakukan evaluasi dan melihat data dan fakta seperti kurva positif COVID-19, kurva yang sembuh, dan kurva yang wafat. Hal ini juga berlaku terkait wacana pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) perlu kajian mendalam soal kapan akan mulai diterapkan.

"Kita harus sangat hati-hati. Jangan sampai kita keliru memutuskan. Tapi kita juga harus melihat kondisi masyarakat sekarang ini," paparnya. "Kondisi yang terkena PHK dan kondisi masyarakat yang menjadi tidak berpenghasilan lagi. Ini harus dilihat."

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebut istilah the new normal, sebagai kondisi saat kurva corona sudah bisa dikendalikan tapi masyarakat harus hidup berdampingan dengan corona. "Pemerintah akan mengatur agar kehidupan kita berangsur-angsur dapat kembali berjalan normal sambil melihat dan memperhatikan fakta-fakta yang terjadi di lapangan," pungkasnya.

Sementara itu, Pakar kedaruratan kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan menyebutkan jika virus corona bisa menjadi endemik baru. Menurutnya, virus corona tidak akan bisa musnah meski dalam jangka waktu yang lama.

Sekedar informasi, kata endemik menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) merupakan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Endemik juga pada umumnya penyakit yang menetap dalam waktu yang lama di wilayah tertentu.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts