Sejumlah Daerah Masih Catat Kenaikan Kasus COVID-19, Jokowi: Jangan Sampai Terjadi Gelombang Kedua
Twitter/jokowi
Nasional

Jokowi mengingatkan agar jangan sampai terjadi gelombang kedua COVID-19 sebab meski sejumlah wilayah telah mencatat penurunan kasus namun masih ada yang mencatat lonjakan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengingatkan masyarakat jika perjuangan untuk melawan virus corona masih berlangsung. Hal itu bisa dilihat dari masih banyaknya wilayah yang mencatat peningkatan jumlah kasus harian.

Hal itu dikemukakan oleh kepala negara saat berkunjung ke kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu (10/6). Ia mengingatkan agar jangan sampai terjadi gelombang kedua penyebaran virus corona. Meski sejumlah wilayah telah mencatat penurunan kasus namun masih ada lainnya yang mencatat lonjakan.

"Ada daerah yang kasus barunya turun, ada yang daerah kasus barunya meningkat," kata Jokowi. "Ada daerah yang kasus barunya nihil. Perlu saya ingatkan, jangan sampai terjadi gelombang kedua second wave."

Oleh sebab itu, Jokowi meminta agar masyarakat bersabar dan tetap menghadapi situasi ini sampai vaksin ditemukan dan dipergunakan secara efektif. Sementara itu, proses pembuatan vaksin memerlukan waktu yang tidak singkat.


"Saya ingatkan kepada kita semua situasi seperti ini akan kita hadapi terus sampai vaksin kita temukan," lanjut mantan Wali Kota Surakarta tersebut. "Dan bisa kita pergunakan secara efektif karena vaksin ketemu harus uji klinis, uji lapangan yang membutuhkan waktu."

Lebih lanjut, Jokowi meminta agar masyarakat menyesuaikan diri dengan kebiasaan yang baru. Gaya hidup baru yang dimaksud yakni menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dia berharap masyarakat tetap bisa melakukan kegiatan produktif dengan tetap menjaga kesehatan.

"Adaptasi itu bukan berarti kita menyerah apalagi kalah ndak," jelas Jokowi. "Tapi kita harus memulai kebiasaan-kebiasaan baru sesuai protokol kesehatan sehingga masyarakat produktif tapi aman dari COVID-19."

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan rasa terima kasih pada Gugus Tugas. Baik yang berada di tingkat pusat maupun daerah.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap jajaran gugus tugas di tingkat pusat sampai ke daerah sampai di desa, RT RW," kata mantan Gubernur DKI tersebut. "Dan juga seluruh tenaga medis dokter perawat relawan, personel polri prajurit TNI."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru