Brasil Kembali Catat 'Rekor' Kematian COVID-19 Usai Pertokoan Dibuka Lagi
Dunia

Salah satu negara bagian Brasil, Sao Paulo kembali mencatat 340 kematian baru dalam 24 jam terakhir. Diketahui, kenaikan tersebut dialami usai sektor pertokoan kembali dibuka saat pandemi belum reda.

WowKeren - Brasil hingga saat ini masih menempati posisi kedua sebagai negara dengan kasus positif corona (COVID-19) di dunia setelah Amerika Serikat (AS). Tak sampai di situ, Brasil juga menjadi peringkat ketiga dengan jumlah korban jiwa tertinggi di dunia.

Diketahui, sejumlah pertokoan di Negeri Samba itu mulai kembali buka dan beroperasi meskipun lonjakan masih tinggi. Sayangnya, hal ini juga membuat tingkat kematian juga ikut melesat tinggi.

Salah satunya seperti di Sao Paulo, negara bagian paling padat penduduk di Brasil melaporkan rekor jumlah kematian tertinggi akibat virus Corona. Rekor itu tercatat saat pemerintah setempat membuka kembali kegiatan untuk bisnis dan pusat perbelanjaan.

Dilansir Reuters, Kamis (11/6), Sao Paulo yang menjadi episenter pandemi virus Corona di Brasil mencatat 340 kematian baru dalam 24 jam terakhir. Angka itu menambah jumlah kematian di Sao Paulo menjadi 9.862 kasus, seperempat dari total angka kematian akibat Corona di Brasil.

Fakta itu tidak menghentikan pembeli memadati distrik pusat perbelanjaan yang sebagian mulai buka pada Rabu (10/6). Sebagian besar toko di Sao Paulo tutup sejak Maret, meskipun sektor krusial seperti supermarket dan apotek tetap buka.


Warga setempat memadati jalan-jalan, sehingga membuat sejumlah karyawan toko mengecek suhu tubuh pembeli yang akan masuk. Toko yang diperbolehkan untuk buka hanya yang menerapkan aturan wajib memakai masker dan menyediakan gel alcohol untuk mencuci tangan.

"Saya takut karena penyebaran virusnya terus bertambah, tapi pada saat yang sama kita harus pergi bekerja dan membeli barang untuk dijual, meskipun selalu dilindungi oleh masker," kata seorang pramuniaga, Vanessa Pereira.

Mal-mal di kota itu akan dibuka kembali pada Kamis waktu setempat selama 4 jam per hari. Pusat perbelanjaan harus menyetujui aturan untuk mengurangi kapasitas akses publik sebagai tindakan pencegahan penularan virus Corona.

Sementara itu, Rio de Janeiro, kota dengan penyebaran Corona tertinggi kedua di Brasil, juga akan membuka kembali ma-mal pada Kamis. Wali Kota Rio de Janeiro mengumumkannya sebagai bagian dari pelonggaran pembatasan yang sudah dijadwalkan.

Sebelumnya, keputusan untuk membuka kembali pertokoan di Brasil disetujui Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Ia menepis peringatan dari para ahli kesehatan masyarakat bahwa penularan virus Corona masih melonjak di negara tersebut.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait