Korut Ledakkan Kantor Penghubung, Korsel Beri Respon Keras
Dunia

Korea Selatan (Korsel) akan memberi respons keras terkait usaha Korea Utara (Korut) terus berusaha meningkatkan ketegangan antara kedua Korea. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Penasihat Keamanan Korsel Kim You Geun.

WowKeren - Ketegangan yang terjadi antara antara Korea Utara dan Korea Selatan semakin memanas. Tak jarang hal ini menjadi sorotan dunia beberapa waktu terakhir.

Apalagi setelah Korea Utara meledakkan kantor penghubung dengan Korsel yang terletak di daerah perbatasan Kaesong pada Selasa (16/6) kemarin. Kementerian Unifikasi Korsel yang membidangi urusan bilateral kedua negara pun membenarkan peristiwa tersebut.

Dilansir Reuters, Korsel menyatakan akan merespons dengan keras jika Korut terus berusaha meningkatkan ketegangan antara kedua Korea. Wakil Penasihat Keamanan Korsel Kim You Geun mengungkapkan, penghancuran kantor itu telah mematahkan harapan semua orang yang berharap pada pengembangan hubungan antara dua Korea dan perdamaian abadi di Semenanjung Korea. "Kami mengingatkan kalau Korut sepenuhnya bertanggung jawab atas semua konsekuensi yang mungkin ditimbulkan," kata Kim You Geun.


Diketahui, ketegangan yang terjadi di antara kedua negara meningkat setelah pemerintahan Kim Jong Un mengancam untuk memutuskan hubungan dengan Korsel pekan lalu. Korsel dicap tidak melakukan apa-apa untuk menghentikan aksi para pembelot dan aktivis anti-Korut.

Para pembelot dan aktivis telah mengirimkan selebaran yang berisi pesan-pesan kritis soal Kim Jong Un dan hal-hal terkait pelanggaran hak asasi manusia ke perbatasan kedua Korea. Mereka juga sering mengirimkan makanan, uang kertas USD 1, radio mini dan stik USB yang berisi drama dan berita Korsel. Benda-benda itu biasanya dikirim dengan balon agar bisa melewati perbatasan yang dijaga ketat atau dimasukkan ke dalam botol dan dialirkan melalui sungai.

Sebelumnya, adik Kim Jong Un sekaligus pejabat senior Partai Buruh yang berkuasa Kim Yo Jong, juga telah memerintahkan militer untuk mengambil tindakan balasan selanjutnya untuk Korsel soal perselisihan tersebut. Kemarin, media Korut KCNA melaporkan bahwa tentara negara juga sudah dimobilisasi perbatasan.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait