Fakta Baru Kasus George Floyd Terungkap, Bongkar 'Aib' Kepolisian Minneapolis
Dunia

Para pemberi kesaksian mengaku sudah melakukan berbagai upaya untuk bisa menyelamatkan George Floyd dari aksi keji 4 mantan anggota Kepolisian Minneapolis, namun mendapat reaksi 'dingin'.

WowKeren - Penyidik terus mendalami kasus pembunuhan yang dialami warga kulit sipil berkulit hitam bernama George Floyd (46) asal Minneapolis, Amerika Serikat. Apalagi kasus itu memang begitu menyita perhatian sampai membuat suasana di AS sempat ricuh oleh berbagai aksi demonstrasi.

Dan kekinian ada satu fakta baru terungkap yang bak membongkar bobrok di tubuh Kepolisian Minneapolis. Sebab seorang polisi yang bertugas mengawasi CCTV anonim mengaku menyaksikan aksi keji tersebut, melaporkannya ke supervisornya, namun tak ada tindakan yang diambil.

"Anda boleh memanggil saya pengadu, tapi kami punya kamera," ujar sang polisi pengawas dalam kesaksiannya, Senin (15/6) waktu setempat. "Mereka semua duduk di atas tubuh pria malang itu."

Pengakuan ini makin membuat publik geleng-geleng kepala. Lantaran menunjukkan seberapa abainya aparat kepolisian ketika berhadapan dengan kasus yang jelas-jelas berpotensi menyebabkan seseorang meregang nyawa.


Pengawas CCTV itu mengaku hanya menghabiskan beberapa detik untuk melapor kepada atasannya. "Saya memintanya untuk menurunkan petugas demi menyelamatkan pria itu (Floyd) karena jelas-jelas ia disiksa," katanya.

Ia memang mengaku belum mendapatkan laporan atau pengaduan dari siapapun. Oleh karenanya ia diminta untuk kembali bekerja sementara sang atasan akan memeriksa sendiri kejadian tersebut.

Namun entah apakah janji itu tak pernah dilakukan atau bagaimana, sebab nyatanya tak ada bantuan yang tiba ke lokasi sampai Floyd benar-benar tak bisa diselamatkan. Banyak pihak menduga atasan sang pengawas CCTV tak bertindak lebih jauh karena polisi yang terekam menyiksa Floyd mungkin hanya sedang "melumpuhkan" pelaku pelanggaran, sesuatu yang tak perlu dikonsultasikan dengan atasan sesuai hukum setempat.

Kesaksian pengawas CCTV ini pun diperkuat dengan kisah yang dituturkan seorang pejalan kaki yang ada di sekitar lokasi kejadian. Pemberi kesaksian anonim ini merupakan pemadam kebakaran yang sedang tidak bekerja pada hari itu, dan ia menyaksikan para petugas di sekitar kejadian tak melakukan apapun untuk menyelamatkan nyawa Floyd.

"Saya melihat sendiri petugas tak melakukan apapun, bahkan memeriksa denyut nadi, untuk menyelamatkan nyawa Floyd. Saya salah satu yang pertama kali melaporkan kejadian itu dan saya punya buktinya di kamera ponsel," ungkapnya, dilansir dari Star Tribune, Rabu (17/6). "Saya hanya kebetulan berada di sana, tetapi mereka, mereka jelas-jelas membunuhnya."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru