Bos Facebook Kehilangan Rp102,7 Triliun Hanya Dalam Waktu 24 Jam, Kok Bisa?
Getty Images
Dunia

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg telah mengalami kerugian yang begitu besar hanya dalam waktu 24 jam, dimana sebanyak Rp102,7 triliun hartanya menghilang. Apa penyebabnya?

WowKeren - Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg baru saja mengalami kerugian yang begitu besar hanya dalam tempo waktu 24 jam. Harta kekayaan Zuckerberg dilaporkan menyusut sebesar US$7,2 miliar atau setara dengan Rp102,7 triliun.

Dilansir dari CNN, saham Facebook itu turun hingga 8,3 persen sejak Jumat (26/6) lalu. Salah satu penyebab utamanya karena aksi Unilever sebagai salah satu pengiklan di raksasa media sosial tersebut menyatakan berhenti menjual produknya di Facebook.

Aksi Univeler ini mengikuti sejumlah perusahaan lainnya yang telah lebih dahulu melakukan boikot di Facebook. Diantaranya adalah perusahan besar seperti Verizon Communications, Hershey Co dan Honda yang ikut menarik iklan mereka dari Facebook.

Tak sampai disitu, perusahaan minuman raksasa Coca Cola bahkan ikut meramaikan aksi dengan menangguhkan iklan di semua platform media sosial, termasuk Facebook. Penangguhan Coca Cola tersebut akan dilakukan selama satu bulan.


Boikot yang dilakukan sejumlah perusahaan besar tersebut merupakan bentuk protes kepada Facebook. Penyebabnya, Facebook sebagai platform media sosial yang paling berpengaruh di dunia dinilai gagal dalam mengatasi ujaran kebencian. Imbasnya, ada 12 perusahaan raksasa yang menyatakan telah memboikot Facebook.

Unilever dalam pernyataan mengatakan jika sudah tidak ada artinya untuk mengiklankan produknya di Facebook selama masalah tersebut belum ditangani dengan serius. Unilever bahkan akan memboikot iklan pada Facebook sampai akhir 2020 mendatang.

”Saat ini melanjutkan iklan di platform ini (Facebook) tidak akan berguna bagi masyarakat,” ujar Unilever seperti dilansir dari CNN, beberapa waktu lalu. “Kompleksitas lanskap budaya saat ini menempatkan tanggung jawab baru sebuah merek untuk belajar, merespons dan bertindak untuk mendorong ekosistem digital yang aman.”

Dampaknya, nilai saham Facebook langsung rontok seketika, dimana nilai pasar Facebokk sebesar US$56 miliar hilang seketika. Insidehook melaporkan jika hal tersebut membuat kekayaan bersih milik Zuckerberg turun menjadi US$82,3 miliar.

Posisi Zuckerberg dalam daftar orang terkaya di dunia pun langsung turun satu peringkat dari nomor tiga menuju nomor empat. Ia saat ini berada di bawah bos Louis Vuitton Bernard Arnault, CEO Amazon Jeff Bezos, dan pendiri Microsoft Bill Gates.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru