Lebih Baik Daripada Eksfoliasi Fisik, Ini 8 Rekomendasi Produk Untuk Chemical Exfoliating
YouTube/Gothamista
Lifestyle

Chemical exfoliate adalah teknik eksfoliasi yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengexfoliasi kulit. Pada umumnya, cara kerja chemical exfoliator adalah dengan mempercepat proses regenerasi kulit dari dalam.

WowKeren - Selama ini banyak orang menyangka bahwa membersihkan sel kulit mati atau exfoliating hanya bisa dengan menggunakan scrub saja. Namun ternyata ada teknik lain yang disebut chemical exfoliator. Chemical exfoliate adalah teknik eksfoliasi yang menggunakan bahan-bahan kimia untuk mengexfoliasi kulit.

Pada umumnya, cara kerja chemical exfoliator adalah dengan mempercepat proses regenerasi kulit dari dalam, sehingga kulit terasa lebih sehat dan terbebas dari jerawat. Ada dua kandungan yang bisa mengesfolasi kulit secara sempurna. Yaitu seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan juga Beta Hydroxy Acids (BHA).


AHA ideal untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, serta mencegah sel kulit mat menumpuk sementara BHA merupakan kandungan acid yang mampu larut dalam sebum, sehingga dapat menyerap masuk ke dalam kulit dan pori-pori dan membersihkan secara sempurna.

Maka dari itu, banyak sekali produk skincare yang mengandung dua zat tersebut. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 rekomendasi produk yang cocok digunakan untuk chemical exfoliating. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner


COSRX AHA BHA Clarifying Treatment Toner

Tak pelu diragukan lagi, kandungan AHA dan BHA yang tertera di kemasannya menunjukkan bahwa toner ini dapat kalian untuk chemical exfoliating. Toner ini dapat membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh jerawat atau minyak berlebih.

Kandungan AHA-nya mampu melembapkan serta mencegah timbulnya komedo dan noda. Bahan alami dengan air mineral di dalamnya membuat toner ini memiliki fungsi ganda. Selain menutrisi, exfoliating toner ini juga mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang menjadi penyebab kulit wajah terlihat kusam.

2. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner


Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Exfoliating toner ini disebut juga sebagai miracle toner karena mengklaim dapat menampilkan perbaikan kulit setelah 30 hari pemakaian. Kemampuan tersebut berkat kandungan AHA, BHA dan PHA yang merupakan bahan-bahan dengan fungsi utama untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Produk ini juga diperkaya dengan niacinamede 2% dan real tea tree. Dua kandungan itu bersatu dan menjadi formula yang sangat baik digunakan untuk kondisi kulit berjerawat. Sehingga produk ini cocok banget digunakan untuk pemilik kulit acne prone dan berminyak.

3. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution


The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Jika kalian tidak cocok menggunakan BHA untuk exfoliasi kulit wajah, enggak usah khawatir. Kalian bisa coba exfoliating toner yang satu ini. Sesuai namanya, exfoliating toner ini mengandung 7% glycolic acid yang merupakan salah satu jenis AHA dengan sifat yang lembut.

Kadar glycolic acid dan amino acid dalam produk ini cukup tinggi namun sangat gentle. Selain itu, keberadaan kandungan buah Tasmanian pepperberry yang memiliki efek menenangkan. Hasilnya cukup ampuh dan sudah banyak orang yang membuktikannya dalam waktu tiga minggu saja loh.

4. Pixi Glow Tonic


Pixi Glow Tonic

Produk satu ini merupakan salah satu exfoliating toner yang wajib kalian coba. Sama dengan The Ordinary, kandungan utama produk ini yaitu glycolic acid yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun kandungan glycolic acid produk Pixi ini lebih ringan.

Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan gingseng dan lidah buaya dapat membantu melembapkan dan menghidari kulit secara sempurna. Yang paling penting, produk ini tidak mengandung alkohol sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.

5. Avoskin Miraculous Refining Toner


Avoskin Miraculous Refining Toner

Untuk produk lokal, kalian bisa mencoba exfoliating toner keluaran brand Avoskin. Produk Avoskin ini sudah mengandung AHA, BHA, dan PHA sehingga cocok untuk semua jenis kulit. Produk ini dilengkapi pula dengan ekstrak lidah buaya yang mencerahkan tanpa bikin kering.

Exfoliating toner lokal juga mengandung tea tree oil juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Sehingga, produk ini cocok untuk usir jerawat dan bekasnya dengan pemakaian rutin. Cocok banget untuk jenis acne prone-skin.

6. Wardah White Secret Exfoliating Lotion


Wardah White Secret Exfoliating Lotion

Selain Avoskin, kalian juga bisa mencoba exfoliating toner lokal milik Wardah. Produk ini memiliki kandungan yang sederhana namun ampuh untuk mengeksfoliasi kulit wajah kalian. Produk ini mengandung AHA dengan esktrak buah lemon yang mencerahkan.

Walaupun namanya lotion, jangan berpikir kalau produk ini mempunyai tekstur kental seperti produk body lotion pada umumnya. Di Jepang, produk untuk kulit wajah yang mempunyai nama lotion sama seperti toner. Dengan kandungan AHA Natural yang membantu mempercepat proses regenerasi kulit sekaligus menyamarkan noda hitam.

7. Hada Labo Mild Peeling Lotion


Hada Labo Mild Peeling Lotion

Produk satu ini memiliki harga yang relatif terjangkau sehingga menjadi favorit bagi banyak orang. Meski murah, namun produk ini memiliki kandungan lengkap loh. Dengan kandungan gluconic acid yang membuat kulit terasa lebih kenyal dan mengecilkan pori.

Produk ini juga dapat mengatasi kulit kusam dan mampu meratakan tekstur yang kasar. Kandungan exfoliator yang cukup ringan, produk ini cocok digunakan semua jenis kulit dan aman digunakan setiap hari.

8. Laneige Clear C Advanced Effector EX


Laneige Clear C Advanced Effector EX

Laneige Clear C Advanced Effector EX ini adalah satu-satunya exfoliating produk yang tidak mengandung AHA dan BHA. Produk ini menggunakan 95% kandungan super berry yang khasiatnya sama dengan vitamin C. Produk ini bisa jadi pilihan untuk kalian yang memiliki kulit kering dan sensitif terhadap vitamin C dan acid.

Ekstrak super berry di dalamnya berfungsi untuk mencerahkan kulit. Tak hanya itu, produk ini juga bisa meredakan beruntus pada sebagian tipe kulit wajah loh. Laneige Clear C Advanced Effector EX juga dapat digunakan setiap hari pada pagi dan malam karena sifat exfoliating yang dimilikinya sangat ringan.

Intip juga yuk rekomendasi toner lokal untuk wajah berjerawat dengan harga terjangkau dalam artikel berikut ini. Simak juga rekomendasi hydrating toner agar wajah senantiasa lembap dalam artikel ini.

You can share this post!

Related Posts